lamurionline.com -- Banda Aceh : Aparatur Sipil Negara ( ASN) Dinas Sosial (Dinsos) Aceh berhasil menyumbangkan sebanyak 51 kantong darah pada kegiatan donor darah rutin ASN Satuan Perangkat Kerja Aceh (SKPA), yang digelar di halaman Kantor Dinsos Aceh, Kamis (16/12/2021).

Kadinsos Aceh, Dr. Yusrizal, M.Si, saat hadir langsung di lokasi memantau jalannya kegiatan donor darah menyebutkan, tingkat partisipasi ASN pada donor darah tahap V kali ini naik cukup signifikan.

tercatat dari 110 orang yang mendaftar, ada sekitar 59 orang dinyatakan gagal donor dikarenakan alasan kesehatan, meski demikian hal ini menunjukkan mulai timbulnya kesadaran para pegawai, baik PNS maupun Non PNS Dinsos terhadap pentingnya dan manfaat mendonorkan darah.

“Sebagai sesama ummat, terlebih lagi ASN sudah sewajarkan kita membantu sesama dan bermanfaat untuk masyarakat luas”. Ujar Yusrizal

Yusrizal juga menjelaskan, selama ini, sejak H-4 jelang jadwal donor darah rutin Dinsos Aceh, Ia bersama para pejabat Eselon di Dinas terus melakukan sosialisasi mengajak keikutsertaan semua pegawai, agar terlibat menyukseskan aksi donor darah massal ASN Pemerintah Aceh.

“Sejak Senin (13/12) lalu, kita terus mengimbau dan mengingatkan para ASN tentang keuntungan dan manfaat donor darah. Mendatangi setiap UPTD baik bertemu langsung maupun secara virtual, artinya kita ingin maksimalkan upaya dan langkah-langkahnya, Alhamdulillah hari ini menuai hasil yang positif” kata Yusrizal.

Sementara itu, Kabag Agama dan Peran Ulama, pada Biro Isra Setda Aceh, Sulaiman M Hasan. Lc. MA, yang juga hadir pada kegiatan donor darah Dinsos Aceh, mengapresiasi atas capaian jumlah kantong darah yang berhasil dikumpulkan ASN di Dinsos.

Ia menyebutkan kan jumlah kantong darah yang diperoleh tersebut telah melebihi dari target kantong darah setiap SKPA, yakni sebanyak 30 kantong. “Alhamdulillah membanggakan, jumlah ini (51 kantong darah) sudah melebihi target Dinas, patut diapresiasi”. Tutupnya

Untuk diketahui Pemerintah Aceh sejak tahun 2020 meluncurkan program kemanusiaan yang inovatif, yaitu Donor Darah bagi ASN di lingkungan Pemerintah Aceh. Program ini mendapat apresiasi dari banyak kalangan, dianggap membantu mencukupi ketersediaan kebutuhan darah di sejumlah daerah.

Dengan tagline, “setetes darah kita adalah kehidupan mereka” Program donor darah ini menjadi agenda rutin Pemerintah Aceh, dimana ASN di setiap SKPA didorong untuk mendonorkan darahnya secara sukarela.(Cek Man/*)

SHARE :
 
Top