LAMURIONLINE.COM | ACEH - Dalam rangka memaksimal layanan perlindungan anak secara terintegrasi di Aceh, Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) Aceh yang didukung oleh UNICEF mengadakan koordinasi dengan lintas sertor terkait. 

Pertemuan tersebut dilaksanakan di aula Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) dengna melibatkan instansi yang terkait dengan perlindungan anak yang terdiri dari UNICEF, DP3A, Dinas Sosial, Bappeda, DPMG, Unit PPA POLDA ACEH, DRKA, pekerja sosial dan sejumlah stakeholder lainnya. 

Direktur PKPM yang diwakili oleh Program Manager Dr. Mahmuddin, M.Si sebagaimana rilis yang diterima Redaksi, Selasa (22/02) mengatakan pertemuan ini merupakan koordinasi awal yang dibangun dengan melibat berbagai sektor dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dalam rangka pelaksanaan program CEKATAN (Cepat, Komprehensif, Akurat dan Terintegrasi).

Pimpinan Unicef Perwakilan Aceh, Andi Yoga Tama mengatakan CEKATAN ini menjadi penting agar upaya perlindungan anak dan pemenuhan hak anak menjadi lebih cepat terpenuhi secara baik. Jika koordinasi dengan berbagai sektor terjalin dengan baik maka dapat dipastikan akan mempercepat layanan yang diberikan. 

Andi berharap dalam mengadvokasikan isu perlindungan anak kepada pemerintah harus berbasis data dan data yang menjadi acuan bagi pemerintah dalam menyelesaikan persoalan anak . Selain itu, ia berharap agar dalam setiap kegiatan, pihak pesantren atau Dayah juga perlu dilibatkan agar dapat memahami isu-isu perlindungan anak secara komprehensif.


Sementara Kepala Dinas DP3A yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak, Amrina Habibi mengatakan layanan anak integratif menjadi suatu hal yang penting dan harus diupayakan di Aceh, karena berbicara isu anak tidak terbatas pada sector DP3A, instansi lain seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Disdukcapil, Bappeda, DPMG dan Kepolisian juga turut andil dalam memberikan perlindungan dan layanan kepada anak. 

Amrina berharap agar lintas sektor yang ada dapat bersinergi dan berkontribusi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. 

Reportase: Munawar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top