LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Pesantren Imam Syafii (PIS) Sibreh Aceh Besar melakukan studi banding ke 3 pesantren yang ada di Pulau Jawa, Minggu (15/05). Kegiatan tersebut menunjuk 3 perwakilan dari PIS, yaitu Syaikhul Ma'had, Kepala Bidang Pendidikan, dan Staff Kepegawaian. Selain itu, juga ikut serta Pimpinan Dayah Dar Maryam Samahani Aceh Besar, Ustadz Khalil Akbar SPd.

Kegiatan studi banding tersebut berlangsung selama 4 hari, mulai Mingu - Rabu (15 -18 Mei 2022), Di hari pertama, pihak PIS berkunjung ke Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran, Jawa Tengah. Perwakilan dari PIS banyak berdiskusi dengan Ustad Ujang Pramudhiarto Lc MPd selaku Mudir Ma'had Al Irsyad, berkaitan dengan tema peningkatan mutu pendidikan dan kiprah alumni  Pesantren Islam Al Irsyad.

Kemudian perjalanan berikutnya ke Pesantren Islam Al Irsyad 7 Kota Batu, Jawa Timur. Dalam kunjungan tersebut bertujuan untuk mempererat ukhuwah islamiyah dan berbincang tentang aturan-aturan kesantrian yang kompatible dengan fitrah manusia. 

Selanjutnya, pihak PIS bertolak ke Pesantren Islam Internasional Al Andalus beralamatkan di Bogor, Jawa Barat. Dalam kunjungan tersebut disambut baik dan bersahaja oleh Ustadz Nurdin Apud MPd selaku pimpinan pesantren Al Andalus. 

Pada kesempatan itu, perwakilan dari PIS dan Pimpinan Dayah Dar Maryam bertukar pikiran dengan pihak Pesantren Al Andalus berkaitan dengan tema manajemen pendidikan dan kepengasuhan berbasis fitrah. Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dari kedua belah pihak yang sangat erat kaitannya dengan permasalahan kesantrian yang sangat kompleks. 

Ustadz Wahab Rajasam MPd selaku BaLitBangWas Pesantren Al Andalus memberikan banyak solusi dalam hal ini. Termasuk mengupas tuntas problematika kepengasuhan yang berbasis fitrah.

Hari terakhir, pihak PIS berkunjung ke Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Ibnu Taimiyah beralamatkan di Bogor, Jawa Barat. Kunjungan tersebut saling bertukar ide dalam membina dan membentuk santri yang mandiri sejak dini sesuai dengan perkembangan anak. Tak lupa pula juga kepala sekolah MIS Ibnu Taimiyyah mendongkrak semangat kepada perwakilan PIS dalam menggagas sekolah dasar tahfiz yang akan dibuka di awal tahun ajaran baru ini.

Di sela-sela kunjungan terakhir ke MIS Ibnu Taimiyah, sempat menyisihkan waktu silaturahim ke Ma'had Aisyah Binti Abu Bakar Lid-Dakwah beralamat di Bogor, Jawa Barat. Pertemuan tersebut disambut baik oleh Pimpinan Ma'had DR Edi Suwanto MPd. Dirinya, selaku mantan mudir Pesantren Imam Syafii banyak memberikan wejangan dan support dalam hal pendidikan dan pengasuhan demi kemajuan Islam dan bangsa di masa yang akan datang. 

Penulis : Jefri Yandi, Lc (Kepala Bidang Pendidikan PIS)

Reportase: Baihaqi

Editor: Cek Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top