lamurionline.com -- Aceh Besar - Madrasah Aliyah Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa kembali menggelar agenda tahunan RIAB FAIR di Kampus Ruhul Islam Anak Bangsa, Desa Gue Gajah, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Minggu (09/10/22)

RIAB FAIR IX telah lama dinantikan oleh pelajar-pelajar Aceh dan para santri RIAB khususnya, karena telah tertunda selama 2 tahun ke belakang. Agenda ditunda tidak lain disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Adapun peserta seluruhnya berjumlah 1695 orang, dimana 897 peserta berasal dari jenjang SMP/MTs Sederajat dan 569 peserta berasal dari jenjang SMA/MA Sederajat yang tersebar di seluruh Aceh. Agenda pembukaan dimulai dengan penampilan Saman Gayo oleh Sanggar Gema Pasee Naggro RIAB dan dilanjutkan dengan penampilan Mars oleh santriwati Ruhul Islam Anak Bangsa. Acara berlanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an serta shalawat bersama.

“Tahun sebelumnya, peserta berjumlah sekitar 1400 dan ditahun ini peserta berjumlah diluar dugaan sehingga hal ini semakin meningkatkan antusias yang luar biasa, tidak hanya bagi peserta tetapi juga bagi panitia.” tutur Kusnadi, M.A, Direktur Madrasah aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa. Beberapa perlombaan telah terlaksana sebelum pembukaan, diantaranya Anak Bangsa Cup(ABC) pada 30 September-2 Oktober dan Horsebow Competition pada 1-2 Oktober.

“Rangkaian acara RIAB FAIR IX nantinya akan disandingkan dengan perayaan Seperempat Abad Ruhul Islam Anak Bangsa pada Sabtu, 15 Oktober 2022 sekaligus dengan peresmian logo baru serta launching Buku Profil Ruhul Islam Anak Bangsa dan Buku Motivasi yang ditulis oleh Alumni RIAB” ungkap Kusnadi lagi dalam kata-kata sambutannnya.

T.M.Rizki RL selaku ketua panitia juga menyampaikan dalam kata-kata sambutannya bahwa RIAB FAIR tidak hanya melibatkan peserta dari kalangan siswa, tetapi juga mahasiswa ikut berkompetisi dalam ajang bergengsi ini. Ia berterima kasih kepada para pihak yang telah berpartisipasi serta berkontribusi penuh demi suksesnya acara ini. RL juga berharap agar acara ini dapat bermanfaat dan memberikan perubahan yang besar di masa yang akan mendatang.

Menurut TM.Rizki RL, RIAB FAIR IX tahun ini mengusung tema “Glorious”, Grow Together to Begin the Greatest Revolution. Tema ini mengandung makna bangkitnya acara RIAB FAIR IX setelah tertunda selama 2 tahun berturut-turut akan menjadi sebuah revolusi besar untuk memajukan Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa. Terdapat 32 cabang yang diperlombakan, yakni 19 cabang untuk jenjang SMP/MTS, 9 cabang untuk jenjang SMA/MA, dan 4 cabang untuk umum.

Pembukaan RIAB FAIR IX juga ikut dihadiri oleh PJ Bupati Aceh Besar, Agus Junaidi, M.Pd. Ia beserta pemerintah Aceh Besar mendukung penuh acara ini demi terciptanya sebuah ajang kompetisi yang mampu menguatkan mental para generasi muda terhadap evaluasi dan revolusi. ia berharap agar RIAB FAIR IX dapat mengasah minta dan bakar para peserta yang mampu melebihi target.

“Kami siap membuka peran bagi seluruh madrasah dan sekolah di Aceh untuk kembali mengukuti berbagai kompetisi seperti ini lagi nantinya” ujar Agus Junaidi dalam kata-kata sambutannya.

Kegiatan dibuka secara resmi dengan pengetukan bedug serta pemotongan pita oleh Agus Junaidi M.Pd. Agenda akan dilanjutkan dengan perlombaan Quiz Anak Bangsa, Cerdas Cermat, Debat Bahasa Inggris, Debat Bahasa Arab, Syarhil Quran, dan Qiraatul kutub. (Cek Man/MRA)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top