LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Sebanyak 500 siswa tingkat SD, SMP dan SMA dari Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Pidie dan Aceh Barat mengikuti kegiatan Darul Quran Aceh Musabaqah Qur’an, Science, and Sport (DAMASQUSS) tahun 2022 di komplek Dayah Darul Quran Aceh, Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar.

Kegiatan perdana dengan tema “Membangkitkan Semangat Islam Yang Telah Mati” itu dilaksanakan selama dua hari yaitu pada Sabtu-Minggu, 22-23 Oktober 2022 dan dibuka secara resmi dengan pelepasan balon oleh Ketua Yayasan Wakaf Haroen Aly yaitu, Ustaz Dr Muhammad Yasir Yusuf, S.Ag MA. 

Turut didampingi oleh Direktur Dayah Darul Quran Aceh,  Ustaz Hajarul Akbar MA, Sekretaris Yayasan Wakaf Haroen Aly, Ustaz Irawan Abdullah, SAg, para pimpinan dayah dan undangan lainnya.

Ustaz Muhammad Yasir Yusuf mengatakan kegiatan tersebut bertujuan sebagai ajang silaturrahmi dan memperkuat tali silaturrahmi diantara sesama.

Ia menambahkan acara tersebut dimulai dengan pembukaan ayat suci Al-Qur’an dan selawat badar oleh Najib Haidar. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan Sanggar Seni Angklung SMP dan SMA Darul Quran Aceh dan Rapa’i Geleng oleh tim Sanggar Seni Shidqa.

"Event DAMASQUSS ini bukan hanya melihat siapa yang juara tapi juga untuk membangun silaturrahmi di antara kita," ucap Ustaz Muhammad Yasir Yusuf saat membuka acara.

Direktur Dayah Darul Quran Aceh, Ustaz Hajarul Akbar MA, menambahkan berlomba bukanlah hanya untuk mendapatkan juara dan piala, tapi yakinlah akan ada manfaat di dalamnya. Relasi, pertemanan, mental terbentuk dan itu akan menjadi bekal bagi para siswa.

"Mungkin sekarang kalian tidak merasakan manfaatnya tetapi di kemudian hari kalian akan merasakan manfaatnya,”ujar Ustaz Hajarul Akbar.




Sementara itu, koordinator dewan juri Ustaz Ikram Abdul Aziz S.Akun menjelaskan terdapat beberapa jenis lomba yang diselenggarakan di event DAMASQUSS tersebut. 

Diantaranya untuk tingkat SMP sederajat dilaksanakan lomba cerdas cermat, mushabaqoh hifdzil quran (MHQ) cabang tiga juz, tenis meja, pidato bahasa Indonesia dan pidato bahasa Inggris.

Sedangkan tingkat SMA sederajat terdiri dari cerdas cermat, musabaqah hifdzil quran (MHQ) cabang lima juz, tenis meja, pidato bahasa Indonesia,dan pidato bahasa Inggris. 

"Kegiatan DAMASQUSS juga dimeriahkan oleh berbagai tenda stand makanan street food dan lainnya," pungkasnya.

Ia menambahkan kegiatan tersebut juga bersamaan dengan peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2022.

Kemudian pada malam hari dilaksanakan exhibition night dengan penampilan penampilan dari santriwati berupa, persembahan ranup lampuan, pidato, drama,puisi berantai, tarian nusantara dan penampilan lainnya. (murdani/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top