Zainal Abidin, Ketua Pengkab PRSI Aceh Besar.

lamurionline.com -- Kota Jantho – Tim Aceh Besar mendominasi cabang renang, mereka merajai dan tampil sebagai juara umum Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra-PORA) III yang digelar di Kolam Renang Yonif 112/DJ Raider Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, akhir tahun lalu. Ini menandakan Aceh Besar siap menjadi penguasa kolam renang.

Kepastian Aceh Besar sebagai juara umum usai menyabet 22 medali emas, empat perak, dan tiga perunggu, 18 atlet Aceh Besar siap menuju ke pentas PORA XIV 2022 di Kabupaten Pidie.

“Insya Allah hasil di Pra PORA dapat diulangi dan optimis kita bisa kembali menjadi penguasa kolam renang di PORA Pidie 2022,” ujar Zainal Abidin, Ketua Pengkab Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Aceh Besar, kepada posaceh.com, Kamis (8/12/2022).

Ia mengatakan pada Pra PORA III cabang renang, dimana hampir semua nonor Aceh Besar meraih medali. “Alhamdulillah semua atlet yang berlaga di Pra PORA lolos ke PORA Pidie dan kita berhasil meraih medali emas hampir disemua nomor yang dilombakan,” ungkapnya.

Selanjutnya, Zainal Abidin atau yang akrab disapa Akang Zainal menuturkan, setelah gelaran Pra PORA, atlet renang Aceh Besar menjalani pemusatan latihan untuk memperbaiki catatan waktu yang masih kurang maksimal. “Meskipun hampir semua nomor lomba kita juarai pada Pra PORA, sebelum PORA kami telah lakukan evaluasi dan pemusatan latihan untuk memperbaiki catatan waktu yang masih kurang. Meski kita ketahui tim kabupaten/ kota lain juga memiliki perenang handal, kita akan all out untuk kembali jadi juara umum,” tuturnya.

Seperti diketahui Kontingen Kabupaten Aceh Besar menguasai kolam renang dengan memboyong 26 medali di cabang olahraga renang dalam Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII dengan 23 emas, 2 perak dan 1 perunggu, di posisi kedua diperoleh atlet renang Kota Langsa dengan 3 emas, 11 perak dan 6 perunggu, serta kontingen Aceh Timur berada di posisi ketiga dengan raihan 2 emas, 4 perak dan 8 perunggu.



Lebih lanjut, Ia menambahkan, tim renang Aceh Besar menurunkan 18 atlet yang terdiri dari 8 putri dan 10 putra serta 4 offisial untuk mengikuti 26 nomor dari 31 nomor yang dipertandingkan dalam PORA XIV tahun 2022.

“Insya Allah pada PORA XIV di Pidie mendatang, Tim Renang Kabupaten Aceh Besar akan all out untuk kembali jadi juara umum, seperti pada PORA 2018 lalu di Aceh Besar,” tegas Zainal Abidin.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kabupaten Aceh Besar, Muhibuddin “Ucok Sibreh” berharap Cabor renang akan kembali mengukir prestasi emas dengan menjadi juara umum dalam PORA XIV Pidie 2022. “Saya tetap optimis cabang renang akan kembali jadi juara umum. Dimana renang selama ini termasuk salah satu cabor yang punya kontribusi yang tinggi bagi Kontingen Aceh Besar seperti pada PORA XIII Aceh Besar 2018 lalu,” demikian Ucok Sibreh.(Cek Man)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top