LAMURIONLINE.COM I KOTA JANTHO – Penampilan berbagai atraksi kesenian dari Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Besar sukses menghidupkan dan mengisi panggung dalam Jambore Malam Keakraban Pilar-Pilar Sosial dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2022.

Kegiatan Jambore yang digelar di Kawasan Wisata Alam Sungai Jalin, Gampong Suka Tani Kecamatan Kota Jantho ini digelar mulai Jumat - Minggu (2 - 4/12/2022) yang diikuti oleh 450 peserta dari anggota Tagana, SDM PKH, Petugas SLRT, anggota PSM, Karang Tarunan, TKSK, Pelopor Perdamaian dan LK2S.

Ketua DKA Aceh Besar, Mariadi ST MM menyampaikan tampilan atraksi seni dari Marsal Band, Sanggar Senar, Sanggar Putro Seulanga dan Sanggar Syech Lam Tapa di bawah binaan DKAB berhasil memukau penonton dan peserta kemah serta jambore yang memadati kawasan wisata Jalin tersebut.

“Ditambah penampilan dua seniman tradisi Aceh, Syech Medya Hus dan Yah Lot Muntasar serta Nek Min Cs yang juga merupakan pengurus teras DKA Aceh Besar, secara apik membius suasana dengan membawakan syair-syair Aceh yang disambut antusias oleh para penonton,” ungkap Mariadi.

Hal ini sebut Ketua DKA, terlihat dari tidak adanya penonton yang beranjak dan tetap setia mengikuti setiap pentas seni di malam penuh keakraban itu hingga dini hari. “Ratusan pekerja sosial dari berbagai komunitas dan organisasi, tampak menikmati setiap detik pertunjukan yang juga diisi penampilan dua pelawak Aceh Apa Gengse dan Joni Kapluk,” sambungnya.

“Tampilnya sanggar dan seni tradisi DKA Aceh Besar di panggung Jambore merupakan parameter suksesnya misi kesenian dan kebudayaan sekaligus dukungan bagi para pelaku seni yang terus berlanjut,” terangnya.

Ketua DKA Aceh Besar juga memberikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh pengurus dan terimakasih juga kepada anggota sanggar DKA dan personilnya serta para seniman yang telah mengisi dan memeriahkan panggung DKA pada kegiatan Dinsos Aceh Besar.

“Semoga DKA Aceh Besar terus berkontribusi untuk menjaga dan memajukan khasanah seni dan budaya di Aceh Besar,” demikian Mariadi ST MM, Ketua DKA Aceh Besar, didampingi Wakil Ketua DKAB Jufrizal “Coy” dan Sekretaris DKA Abrar SPd.

Salah satu personil Sanggar Senar dan Mashal Band, Mursalin Jamal mengaku senang dengan diberikannya kesempatan untuk tampil di pentas malam keakraban pilar-pilar sosial di Jambore itu. “Ini kesempatan luar biasa diberikan DKAB untuk tampil menghibur dan kreasi seni,” tuturnya.

Melengkapi aksi panggungnya yang dinamis dan renyah, Mursalin dan personelnya tampil apik membawa beberapa lagu Aceh, seperti Tarek Pukat dari lagu Alahom yang dipopulerkan Apache13 di malam pertama yang turut dihadiri Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM dan membuka Jambore yang digelar Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar.

Di malam kedua, Sanggar Senar dan Marsal Band binaan DKA Aceh Besar, serta sanggar dan seniman binaan DKAB juga membakar aksi panggung yang mempesona dengan beberapa lagu pilihaN serta seni tutur Aceh.

Sebagai informasi, Jambore pilar-pilar sosial yang digelar Pemerintah Kabupaten Aceh Besar itu, juga dirangkai dengan sejumlah kegiatan, diantaranya, pengukuhan pengurus Karang Taruna dan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM), bakti sosial di tiga desa, kuliah umum dan outbond.

Kegiatan itu turut dihadiri sejumlah anggota DPRK dan Kepala OPD dijajaran Pemkab Aceh Besar serta mitra dewan, dan pilar sosial dari Provinsi Aceh, serta kabupaten dan kota di Aceh.



Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar yang juga Ketua Panitia Jambore Pilar Sosial, Bahrul Jamil SSos MSi, mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk membentuk stimulus berbagai aksi peduli dan sikap sosial di tengah masyarakat. Sehingga dapat meminimalisir kesenjangan dan menciptakan kerekatan di tengah masyarakat.

Pada kesempatan itu, BJ sapaan akrab Kadis Sosial Aceh Besar atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar mengucapkan terima kasih kepada DKA Aceh Besar yang telah berpartisipasi mengisi panggung keakraban di lokasi Jambore Pilar-pilar sosial.

“Alhamdulillah Jambore sukses dan terimakasih kepada semua pengurus dan sanggar serta seniman DKA yang sukses mengisi panggung hiburan,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu, sebut BJ, Dinsos bersama pilar-pilar sosial juga sukses mengelar Bakti Sosial di tiga gampong yakni Gampong Suka Tani, Jalin dan Gampong Aweek, Kecamatan Kota Jantho.”Rangkaian Jambore ditutup dengan peringatan dan khanduri maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah dan zikir maulid bersama grup “Babul Rizki” Dibawah pimpinan syeh Muksalmina Anggota DKA Aceh Besar,” pungkas BJ didampingi Koordinator Jambore Dinsos Aceh Besar Muzakir RA “CBoy”.(Abrar/MarDG)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top