Guru Besar ITB Prof Dr Eng Teuku Abdullah Sanny, MSc saat memberikan tausiah dan motivasi dalam kunjungannya ke Dayah Darul Quran Aceh (DQA), Jalan Banda Aceh – Medan Km 19,5 Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (23/12/2022


LAMURIONLINE.COM I ACEH - Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) dan juga Ketua Umum Yayasan Beudoh Gampong (YBG)  Prof Dr Eng Teuku Abdullah Sanny, MSc mengunjungi Dayah Darul Quran Aceh (DQA), Jalan Banda Aceh – Medan Km 19,5 Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (23/12)

Kunjungan itu dalam rangka memberikan tausiah dan motivasi kepada ratusan santri yang sedang menimba ilmu dan para dewan guru dalam menjalankan kegiatan hariannya di dayah tersebut.

Adapun kehadiran Dosen Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB itu disambut langsung oleh para pimpinan Dayah DQA. Diantaranya Kepala Sekretariat dan kepegawaian, Ustazah Hammatan Halim, Bendahara, Erna Erita, Kepala SMA, Fauzal Azifa, Kepala SMP, Muhammad Faizal, Kepala Pengasuhan dan Pembinaan, Ambo Upe dan Koordinator Asrama, Nazli Syahriza.

Prof Sanny dalam tausiahnya menyampaikan, santri adalah bagian dari generasi muda Aceh yang harus dapat memegang teguh disiplin waktu. 

"Karena disiplin adalah kunci kesuksesan, semua harus terjadwal dengan baik, insya Allah kita akan sukses," kata Prof Sanny.

Alumni Fakulty of Engineering Kyoto University Jepang itu juga meminta kepada santri untuk meningkatkan minat bacanya, karena hanya dengan membacalah bisa mengetahui banyak hal. Selain itu juga harus pandai mengatur waktu untuk selalu belajar.

"Dengan membaca dan belajar kita pasti pintar. Selanjutnya jika sudah pintar Insya Allah akan mencapai kesuksesan,” pesannya menyemangati santri.

Saat memberikan motivasi, Prof Sanny juga mencoba menjajal kemampuan para santri dalam menghafal Al Quran. Ternyata banyak santri di dayah DQA yang memiliki kemampuan menghafal yang baik, meskipun baru beberapa juz.

“Saya mengharapkan para santri untuk terus belajar secara tekun dan serius sehingga nantinya akan semakin banyak santri lulusan dayah DQA Kuta Malaka yang bisa menghafal Alquran hingga 30 juz,” ujarinya.

Sementara itu Kepala Sekretariat dan Kepegawaian Dayah DQA, Ustazah Hammatan Halim, menyambut baik dan berterima kasih atas kehadiran Wakil Ketua Umum ICMI Pusat itu. 

“Alhamdulillah, suatu kebanggaan bagi kita bersama atas kehadiran Prof Dr Eng. Ir. Teuku Abdullah Sanny di tengah-tengah kita ini. Semoga kedatangan beliau ini membawa keberkahan bagi kita semua,” kata Ustazah Hammatan.

Menurutnya Prof Sanny sangat menginspirasi dan membawa energi yang positiv bagi para santri dan juga dewan guru dengan memberikan motivasi yang mengugah dan mengaitkan pengalamannya dengan era zaman sekarang. Dan juga beliau berpesan untuk menjadi seorang yang memahami ilmu, iman dan taqwa. 

Selain itu para santri juga terlihat begitu gembira dan antusias mengikuti ceramah motivasi yang disampaikan Prof Sanny, sampai-sampai waktu selama dua jam terasa sangat singkat.

“Kami sangat berterimakasih atas kunjungan ini seraya berharap semoga kedepannya akan ada lagi motivator-motivator lainnya yang dapat berbagi ilmu kepada para santri dan juga dewan guru di Dayah DQA ini,” pungkasnya. (murdani/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top