Dekan FMIPA USK, Prof. Dr. TM Iqbalsyah, M.Sc

lamurionline.com -- Banda Aceh - Program Studi Magister Kimia (PSMKIM) dan Program Studi Magister Biologi (PSMBIO) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (USK) memperoleh akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (Lamsama).

“Kepastian ini diperoleh setelah diterimanya surat keputusan dari Lamsama Nomor 064/SK/Lamsama/akred/M/XII/2022 tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Kimia pada Program Magister Universitas Syiah Kuala dan surat keputusan dari Lamsama Nomor 061/SK/Lamsama/akred/M/XII/2022 tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Biologi pada Program Magister Universitas Syiah Kuala,” kata Dekan FMIPA USK, Prof. Dr. TM Iqbalsyah, M.Sc, Senin, (26/12/2022)

Iqbalsyah menjelaskan, PSMKIM dan PSMBIO masing-masing memperoleh nilai 364,20 dan 362,84 dari Lamsama. Status akreditasi unggul diberikan kepada program studi yang berhasil melampaui nilai 361. Kedua program studi ini sebelumnya telah divisitasi oleh asesor Lamsama pada 15-17 Desember 2022 lalu. Visitasi dilakukan setelah kedua program studi mengirimkan dokumen borang akreditasi ke Lamsama.

Iqbalsyah menambahkan, kedua program studi ini sebelumnya memperoleh nilai akreditasi B (Baik) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT), yang merupakan lembaga resmi pengakreditasian perguruan tinggi sebelumnya. “PSMKIM dan PSMBIO merupakan lembaga pendidikan tinggi bertaraf S2 pertama di Aceh yang berbasis pendalaman keilmuan kimia dan biologi sains. Secara resmi PSMKIM dan PSMBIO masing-masing berdiri tahun 2013 dan 2014,” ujarnya.

Iqbalsyah, M.Sc berharap, nilai akreditasi unggul yang diperoleh oleh kedua program studi ini memberi motivasi besar kepada keluarga besar FMIPA USK, terkhusus kedua program studi terus meningkatkan kualitasnya di masa depan. “Tantangan besar berikutnya adalah akreditasi internasional. Kemungkinan ke arah itu cukup terbuka, apalagi dukungan dan komitmen dari pimpinan universitas juga sangat kuat,” tambah Iqbalsyah.

Sebelumnya, kata Iqbalsyah, program studi magister di FMIPA USK juga baru saja memperoleh status akreditasi, yaitu Program Studi Magister Matematika (PSMMAT). Tim asesor Lamsama telah melakukan visitasi ke PSMMAT sepekan sebelum visitasi PSMKIM dan PSMBIO. PSMMAT memperoleh status akreditasi baik sekali, yang akan berlaku untuk lima tahun ke depan.

Sementara itu, Koordinator PSMKIM, Dr. Surya Lubis, M.Si dan Koordinator PSMBIO, Dr. Ir. Wira Dharma, S.Si, M.Si, M.P mengaku bersemangat mengusulkan kedua program studi ke level akreditasi tingkat internasional di masa depan. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top