lamurionline.com - Banda Aceh - Pengurus Asosiasi Pemerintah Desa seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Aceh Besar sejak tanggal 6 - 8 desember 2022 mengikuti kegiatan Rapat kordinasi percepatan dan penyaluran dana desa di Hotel Grand Permata Hati Banda Aceh.

Kegiatan yang di laksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Provinsi Aceh di ikuti oleh seluruh pengurus APDESI se-Aceh, DPMG kab/kota, Badan Pengelola Keuangan dan tenaga pendamping desa.

Menurut salah seorang pengurus Apdesi Aceh Besar Azhari Muhin, keikut sertaan rakor sebagai upaya percepatan penyaluran dana desa untuk tahun 2023 dan bahan evaluasi penyaluran dan pemamfaatan dana desa tahun 2022. Untuk tahun 2023 ada regulasi dari pemerintah pusat yang mengatur tentang prioritas dana desa dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan program.



Ada 3 prioritas utama yang di atur dalam permendes  untuk program 2023 yaitu pemulihan ekonomi yang ada di desa, mendukung program program prioritas nasional seperti ketahanan pangan, pencegahan stunting. Dana desa juga di prioritaskan untuk penanggulangan bencana alam dan non alam, ungkap Azhari Muhin yang juga salah seorang keuchik di Kecamatan Kuta Baro.

Sebagaimana di ketahui Organisasi APDESI yang memiliki legalitas hukum sesuai Keputusan Menkumham RI Nomor AHV-0001295.AH.01.08. Tahun 2021 terus membangun hubungan kemitraan dengan berbagai stakeholder dalam upaya meningkatkan peran dan tanggung jawab keuchik dan aparatur desa dalam mewujudkan tata kelola administrasi dan pemerintahan ke arah yang lebih baik.

Di masa mendatang di harapkan tidak ada lagi kendala kendala administratif, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan dan realisasi dana desa. Semua desa harus di kelola secara profesional dan mampu menyelesaikan persoalan yang ada di desa.(Khalid)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top