lamurionline.com -- Banda Aceh -- Dalam rangka mewujudkan masjid yang makmur, Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Mukarramah Banda Aceh melaksanakan Kaderisasi Remaja Masjid di masjid tersebut pada 15-22 Januari 2022, yang diikuti 27 peserta. “Pemuda dan remaja putra putri ini cukup antusias mengikuti pelatihan,” kata Plt Ketua BKM Al Mukarramah Zulfikar, yang didampingi Ketua Panitia, Suwardi S.

Zulfikar menambahkan, untuk mewujudkan organisasi Remaja Masjid yang profesional, BKM menggandeng DPW BKPRMI Aceh menyelenggarakan kaderisasi, uji kelayakan, dan  membentuk kepengurusan Remaja Masjid Al Mukarramah. Menurut Zulfikar, masjid harus di dimakmurkan oleh kaum remaja dan pemuda selaku pemilik estafet masa depan kepengurusan masjid. Karena itu, pihaknya melakukan kaderisasi, sebab disadari para orang tua masjid tidak selamanya mampu mengurus  masjid.

Ketua DPW BKPRMI Aceh,  Dr Mulia Rahman, menyampaikan terima kasih kepada BKM Al Mukarramah yang telah menggandeng BKPRMI terlibat langsung dalam pembentukan Pengurus Remaja Masjid. “Setiap masjid wajib didalamnya terbentuk kepengurusan Remaja Masjid, sebab masjid yang tidak ada Remaja Masjid, sehebat apapun masjid itu tetap akan sulit berkembang dan tidak akan produktif,” tegasnya. 



Menurut dia, mengelola masjid dengan pola organisasi dan manajemen yang baik, akan terwujud kemakmuran yang nyata dan jamaah pun nyaman berada di dalam masjid. Selain itu, dengan terbentuknya Remaja Masjid  dapat menggantikan peran pengurus masjid di masa depan, yang  tidak selamanya mampu mengurus  masjid akibat faktor usia, kesehatan, dan tuntutan perkembangan zaman.  

“Kiranya semua BKM di seluruh Aceh memastikan setiap masjid telah terbentuk kepengurusan Remaja Masjid. Dalam hal ini, BKPRMI siap menjadi mitra pembentukan Remaja Masjid. BKPRMI yang ada di setiap kabupaten/kota juga bersedia datang ke masjid-masjid untuk membentuk pengurus Remaja Masjid yang profesional,” pungkasnya. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top