lamurionline.com -- Banda Aceh --- Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PD IPHI) Kota Banda Aceh melaksanakan Bimbingan Manasik Haji bagi Calon Jamaah Haji asal Banda Aceh dan sekitarnya. 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Banda Aceh Dr Bakri Siddiq, SE, M.Si, Minggu (1/01/2023) di Mesjid Oman Baitul Makmur Lampriet Banda Aceh. 

Hari ini Minggu (22/01/2023) merupakan pertemuan ke – 4, dan narasumbernya Ust. Tgk. H. Adnan Ali, S.Pd.I yang menyajikan materi pedoman shalat dalam shafar (bepergian). 

Ia mengupas tata cara menjamak dan mengqasar shalat mulai masuk Asrama haji, kemudian di Arafah, Mina dan shalat ketika dalam pesawat. 

“Bapak/ Ibu Calon Haji yang dirahmati Allah, Bapak/ Ibu mulai Jamak dan Qasar shalat ketika Bapak/ Ibu berada di asrama haji, ketika berada di asrama kita mulai menjamak dan mengqasar shalat, maka mulai sekarang, saat ini di manasik ini Bapak/ibu belajar cara menjamak dan mengqasar shalat” Jelas H Adnan, yang tahun lalu baru pulang menunaikan ibadah haji. 


Kemudian ia juga menambahkan, selain di asrama haji, kita juga jamak dan qasar shalat ketika kita berada di Arafah, dan mina.

“di Arafah karena kita ramainya jamaah, sehingga untuk memudahkan kita Allah bolehkan kita untuk menjamak dan mengqasar shalat, meskipun di Arafah kita tidak ada perjalanan, tapi untuk memudahkan saja, dan ini dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabatnya” 

Sedangkan di pesawat kita tidak ada air untuk berwudhu’ jadi kita harus bertayamun, dan untuk tayamun kita menggunakan debu yang ada di dinding pesawat. 

“di pesawat terbang tidak ada air untuk wudhu’, jadi ketika tiba waktu shalat, biasanya shalat shubuh yang tidak mungkin kita jamak dan qasar, kita langsung bertayamum dengan debu yang ada di dinding pesaawat, lalu kita tunaikan shalat dengan qiblat ke mana arah kita duduk” jelas Tgk Adnan yang juga diamanahkan oleh PD IPHI Banda Aceh menjadi Ketua Panitia Pelaksana Bimbingan Manasik Haji. 



Sementara Ketua PD IPHI Banda Aceh Ust H Fauzan Zakaria, S.P, M.Si mengatakan, ini merupakan minggu ke-4, dan jamaahnya yang mencapai 120-an berasal dari Banda Aceh dan Aceh Besar, dan ia mengatakan masih membuka kesempatan kepada Calon Jamaah Haji yang akan berangkat tahun ini ke tanah suci untuk mendaftar dan mengikuti bimbingan manasik haji yang dilaksanakan oleh PD IPHI Banda Aceh, demikian Ust. Fauzan. 

Pertama tentang shalat jamak dan qasar mulai dari asrama haji dan di arafah, muzdalifah dan mina, serta tata cara shalat dipesawat. 

Kemudian masalah shalat arbain, shalat thawaf, tata cara wudhuk dengan cara berpindah mazhab karna karna keadaan berdesak desak dan darurat, mengenai syarat dan rukun shalat dan tentang shalat jenazah dan lain lain.(Cek Man/Heri)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top