LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH - Dosen dan mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan  Kemenkes  Aceh dan masyarakat Gampoeng Deah Glumpang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk penyuluhan dan penanaman bibit pohon mangrove sebanyak 1200 di area pesisir pantai Gampong dan juga pembagian brosur, Jumat (13/10).

Kedatangan dosen dan mahasiswa ini disambut langsumg Keuchik Gampong Deah Glumpang Donny Erwin SE bersama perangkat desa setempat.

Nasrullah, salah seorang dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Aceh mengatakan, kegiatan Pengabdian Masyarakat ini merupakan Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) dan kegiatan pengabdian Masyarakat ini merupakan salah satu bentuk tugas dosen dan kepedulian kami terhadap banyaknya hilang pohon mangrove akibat tsunami dan juga untuk kesiapan dalam menghadapi kesiapsiagaan bencana yang memang tidak bisa diprediksi.

Dalam kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan di balai Gampong itu dihadiri 30 masyarakat dengan melakukan pendekar PAR. Diharapkan kepada masyarakat akan tumbuh rasa peduli sehingga mau menanam bibit pohon mangrove dan merawatnya serta dapat melestarikan sehingga nantinya dapat menjadi hutan mangrove yang dapat menghalau air pasang dan menahan tsunami. 

Selanjutnya penanaman bibit pohon mangrove sebanyak 1200 pohon dilakukan bersama dosen dan mahasiswa beserta masyarakat gampong Deah Galumpang di area pesisir pantai yang telah disepakati baersama yaitu area yang kosong dan lapang sisa pohon mangrove yang telah mati dan rusak dengan harapan jika tumbuh nanti dapat menjadi hutan mangrove yang bagus dan baik untuk kesiapsiagaan bencana. 

Selain itu, tim juga membagikan brosur dan poster kerumah-rumah masyarakat dalam upaya sosialisasi kepada masyarakat yang tidak ikut dalam kegiatan penyuluhan agar mendapatkan informasi mengenai beragam manfaat pohon mangrove dalam menghadapi kesiapsiagaan bencana.

Editor: Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top