LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH - Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah Mandiri Angkatan II Tahun 2023 dilaksanakan untuk yang kedua kalinya pada di tahun ini selama 8 hari, dari tanggal 23-30 Oktober 2023.

Kegiatan yang diikuti oleh 36 peserta dari seluruh Aceh mengambil tempat di  Diana Hotel Kuta Alam, Banda Aceh. Terdiri dari 5 orang peserta Perempuan dan 31 orang peserta laki-laki. Pelaksanaan kegiatan ini berkat kerjasama Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry dengan Kanwil Kemenag Aceh. 

Pelaksanaan Ibadah Haji yang masa tunggu cukup lama, mencapai 23 tahun lamanya. Kondisi ini berdampak pada meningkatnya antusias masyarakat untuk berangkat ke Mekkah-Madinah untuk umrah. 

Perkembangan dunia dan trend saat ini, mengharuskan adanya sertifikasi terhadap tenaga profesional dalam pelayanan, termasuk dibidang pelayanan Haji dan Umrah. Maka untuk itu kegiatan sertifikasi ini dilaksanakan, "Pada tahun ini kita sudah melaksanakan dua kali sertifikasi, untuk kedepannya kita akan laksanakan juga setahun dua kali," ungkap Prof. Kusmawati Hatta (Dekan FDK). 


Dalam sambutan, arahan dan pembukaan kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah ini Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Mujiburrahman melalui Wakil Rektor III Prof. Saifullah Idris, M. Ag menyatakan bahwa "Kegiatan sertifikasi ini dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap jamaah haji dan umrah selaku penerima layanan dari pembimbing Haji dan Umrah. Peningkatan mutu menjadi skala prioritas dalam sertifikasi ini," ujarnya.

Ustz Azhar, M.Ag yang mewakili Kakanwil Kemenag Aceh dan sekaligus sebagai Asesor sertifikasi ini menyatakan bahwa dalam kegiatan ini guna meningkatkan Sumber Daya Manusia yang handal dalam memberikan pelayanan kepada tamu Allah. "Perlunya kegiatan sertifikasi ini untuk Peningkatan kualitas, kreatifitas dan integritas," ungkap Azhar.

Hal ini sangat mendukung terhadap pertambahan jumlah dari 3 travel berizin sebelum dan menjadi 37 setelah pandemi covid-19.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top