LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - HISAN (Himpunan Santri Neuheun) Aceh Besar, masyarakat, ulama, serta tokoh Gampong Neuheun, mengadakan peringatan 19 tahun tsunami  Aceh di Masjid Syuhada Neuheun, Selasa (26/12/2023). Peringatan ini untuk menyampaikan doa kepada para korban yang telah menjadi syuhada pada musibah 19 tahun lalu, melakukan shalat dhuha berjamaah, ditambah dengan tausiah yang disampaikan oleh Tuan Guru Tgk. Suryadi. 

Dalam tausiahnya Tgk. Suryadi menyampaikan pengertian mati syahid yang dialami oleh para korban tsunami Aceh. Mereka yang meninggal dalam musibah seperti tsunami, jika hati dan niat ikhlas karena Allah, maka mereka menjadi syuhada yang dijamin Allah masuk surga. 

“Penekanan terhadap makna syahid tersebut untuk memberikan ketenangan dan kekuatan bagi keluarga korban dan memberikan perspektif yang sesuai dengan ajaran Islam tentang sikap menghadapi musibah,” ujar Tgk. Suryadi. 



Ketua HISAN Tgk.Yusnaidi Ilyas, mengatakan, peringatan tsunami Aceh dilakukan dengan kegiatan tausiah, doa bersama, dan shalat dhuha berjamaah ini diharapkan dapat mempererat tali ukhuwah di antara masyarakat, serta memperkuat keimanan dan keteguhan hati dalam menghadapi cobaan hidup. 

“Peringatan 19 tahun tsunami Aceh menjadi momen penuh makna bagi masyarakat Aceh, khususnya masyarakat Gampong Neuheun. Dengan itu kesatuan, ketabahan, dan harapan baru terus menjadi pendorong dalam membangun masa depan yang lebih baik,” kata alumni Dayah Istiqamatuddin Lam Ateuk, Aceh Besar ini. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top