*Persiapan Ramadhan yang Lebih Bersih dan Higienis

lamurionline.com -- Banda Aceh – Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Unilever Indonesia bersama lima mereknya, yaitu Wipol, Vixal, Sunlight, Rinso, dan Molto, mengadakan program “Gerakan Masjid Bersih 2024” di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Dengan melibatkan 300 relawan, program ini bertujuan untuk mempersiapkan masjid agar lebih bersih dan higienis untuk menyambut bulan Ramadhan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi puluhan ribu jamaah yang beribadah di masjid tersebut, Selasa (27/2/2024).

Menanggapi kerjasama ini, Ketua Pimpinan Wilayah DMI Provinsi Aceh, Tgk. H. Fakhruddin Lahmuddin, S. Ag., M. Pd., menyampaikan apresiasi atas kerjasama tersebut. Dia juga mengungkapkan bahwa Aceh akan menerima bantuan sebanyak 4.000 paket kebersihan dari Unilever Indonesia untuk didistribusikan ke masjid-masjid di wilayah tersebut.

Selain itu, Ketua Bidang Sosial Kemanusiaan DMI, Drs. H. Andi Mappaganty, MM, menyatakan, sejak tahun 2017, “Gerakan Masjid Bersih” merupakan hasil kolaborasi antara DMI dan Unilever Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan masjid-masjid yang bersih dan nyaman bagi umat Muslim, terutama di bulan Ramadhan. Program ini telah mendapat dukungan dari lebih dari 150.000 relawan dan memberikan manfaat kepada 220.000 masjid di seluruh Indonesia.

“Kami melihat bahwa kepedulian serta niat baik Unilever Indonesia terhadap masyarakat dan umat Islam sudah berlangsung sejak lama sehingga tidak perlu diragukan lagi, salah satunya terbukti dari kolaborasi kami melalui program ‘Gerakan Masjid Bersih’ yang telah terlaksana secara berkelanjutan sejak tahun 2017,” ucapnya.


Sementara itu, Head of Home & Hygiene Unilever Indonesia, Anggya Kumala, menjelaskan bahwa “Gerakan Masjid Bersih 2024” akan menjangkau 50.000 masjid di seluruh Indonesia. Selain membersihkan masjid, program ini juga akan memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan perangkat sholat, alat masak dan makan, serta lingkungan sekitar masjid.

“Kegiatan pembersihan di Masjid Raya Baiturrahman ini melibatkan pembersihan lantai, selasar, toilet, ruang wudhu, serta pencucian perangkat sholat dan peralatan masak. Donasi paket produk kebersihan juga akan diserahkan kepada masjid-masjid yang telah dibersihkan, sambil mengajak jamaah untuk menjaga kebersihan masjid,” sebutnya.

Menurutnya, keistimewaan dari program ini adalah adanya kesempatan bagi masyarakat umum untuk menominasikan masjid di sekitar mereka agar mendapatkan manfaat dari program ini. Masyarakat dapat mengirimkan foto dan cerita menarik tentang masjid mereka melalui nomor WhatsApp +628561581158 hingga tanggal 31 Maret 2024. Sebanyak 1.000 masjid terpilih akan menerima paket kebersihan untuk meningkatkan kenyamanan jamaah dan kehigienisan masjid.

“Terima kasih atas dukungan dari pihak DMI Provinsi Aceh dan pengurus Masjid Raya Baiturrahman. Dia berharap bahwa kegiatan ini dapat membawa kebaikan bagi masyarakat dan umat Islam di kota Banda Aceh,” tutup Anggya Kumala.

Dengan demikian, “Gerakan Masjid Bersih 2024” diharapkan dapat menjadi upaya bersama untuk menjaga kebersihan dan higienitas masjid, serta meningkatkan kenyamanan jamaah dalam beribadah, terutama menjelang bulan suci Ramadhan.

Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh jajaran pimpinan Unilever Indonesia, pengurus DMI Pusat dan wilayah Aceh, Prof. Dr. Teuku H Azman ─░smail, MA sebagai Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman, perwakilan dari Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Aceh, serta tokoh masyarakat lainnya.

Sebagai informasi lainnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa musim penghujan akan berlanjut hingga April 2024, atau bahkan setelah Idul Fitri. Oleh karena itu, kegiatan membersihkan masjid menjadi semakin penting untuk menghindari risiko penyakit yang umumnya muncul selama musim hujan. (Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top