LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Dalam rangka mengoptimalkan program Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Aceh Besar yang telah diagendakan dalam Raker di awal bulan Januari 2024, salah satunya adalah untuk meningkatkan kualitas belajar siswa dan pelaksanaan P2RA di pagi hari, maka MTsN 3 Aceh Besar mengadakan manasik haji dan umrah yang dipusatkan pada gedung madrasah tersebut dan berebapa titik lokasi lain di sekitar kecamatan Lhoknga dan Leupung

Selain untuk meningkatkan kualitas belajar siswa siswi madrasah tersebut, juga  memberikan pendidikan bermakna bagi siswa siswi. Kegiatan manasik haji ini diikuti seratusan siswa siswi kelas delapan yang berlangsung Kamis (29/02/2024).

Ketua Pelaksanaan kegiatan, Drs Muhammad Piah kepada lamurionline.com mengatakan kegiatan ini merupakan agenda guru yang merupakan hasil kesepakatan dari raker MTsN 3 Aceh Besar. Manasik haji ini dipandu oleh guru guru yang sudah pernah berangkat haji dan umrah

Siswa siswi  terlihat sangat antusias mengikuti setiap tahapan manasik haji, diawali dengan miqat di masjid Lampuuk dan memakai baju ihram, shalat dua rakaat di masjid tersebut kemudian berangkat menuju Arafah untuk wukuf di masjid Sidiq Leupung kemudian ke Muzalifah memilih batu kerikil sebanyak 21 butir, dilanjutkan berangkat ke Mina di madrasah untuk lontar jumrah dan melakukan tawaf, sa’i dan terakhir tahalul. "Pelaksanan menasik haji ini dibagi beberapa kloter dan kita lakukan layaknya di Saudi Arabia," tambah Muhammad Piah.


Sementara itu, Kepala MTsN 3 Aceh Besar, Drs Munzir MPd menyampaikan kegiatan ini merupakan program utama MTsN 3 Aceh Besar dalam rangka mengalakkan serta memperkenalkan pendidikan agama Islam kepada generasi yang selama ini siswa hanya tahu lewat teori saja di dalam kelas. Di hari ini kita laksanakan dalam bentuk praktek secara benar, kedepan kami mengharapkan kepada anak anak punya bekal ilmu dalam melaksanakan ibadah haji kelak pada saat  panggilan dari Allah melaksanakannnya di tanah suci," sebut Munzir.

ikut berpartisipasi dalam kegiatan menasik haji ini perwakilan komite, Kepala Tata Usaha, para wali kelas, dewan guru, dan operator madrasah. (Erwandi)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top