lamurionline.com -- Kota Jantho - Simulasi perdana program makan siang gratis bagi pelajar di Aceh, dilaksanakan di SMP Negeri 1 Darul Imarah, Aceh Besar, Selasa (5/3/2025).

Simulasi makan siang gratis yang diinisiasi oleh Dewan Guru dan Komite Sekolah SMPN 1 Darul Imarah itu, diprioritaskan bagi pelajar yatim dan yatim piatu di sekolah itu.

Salah seorang Pemuda Aceh Besar Sirathallahmengaku walaupun baru simulasi, program makan Siang gratis bergizi bagi siswa itu merupakan program paling mulia dan sangat tepat, karena berdampak langsung pada penerima manfaat yaitu anak-anak kita yang sedang menuntut ilmu.

"Ini bakalan jadi program paling mulia dan berguna untuk menciptakan generasi unggul masa depan, betapa tidak, ini akan dirasaka langsung oleh penerima manfaat yaitu anak-anak kita yang sedang menuntut ilmu," imbuh Sirath.

Ia juga mengapresiasi pemerintah Aceh Besar dibawah pimpinan Penjabat Bupati Muhammad Iswanto yang telah mengambil langkah tepat melakukan simulasi perdana di Aceh, sehingga akan menjadi contoh pelaksanaan di lembaga pendidikan lain nantinya.

"Walaupun belum sempurna, ini kan sebuah langkah yang tepat sebagai awal untuk kemudian akan disempurnakan sambil menunggu juknis dari pusat, baik terkait dengan pembiayaan dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Darul Imarah Affilinda SPd MPd menyampaikan, sekolah yang ia pimpin siap menjalankan program makan siang gratis, karena mendapat dukungan dari keluarga besar sekolah dan orang tua pelajar. "Dengan dukungan semua warga sekolah dan pemerintah, program ini sangat baik, dan SMP 1 Darul Imarah siap untuk merealisasikan program ini secara berkelanjutan," katanya.

Dijelaskan juga untuk simulasi makan siang gratis pada simulasi ini dikhususkan kepada 54 siswa dan siswi yatim dan piatu dari kelas 7 sampai kelas 9. "Makan siang gratis saat simulasi ini khusus untuk siswa yatim dan piatu," sebutnya.

Adapun menu ‘makan siang bergizi’ ala SMPN 1 Darul Imarah itu disajikan dengan menu antara lain, nasi putih dengan lauk yang terdiri atas ayam goreng, tempe bacem, sambal goreng tahu, ikan goreng, sop wortel dan kol. Dengan formasi menu seperti itu diperkirakan per siswa mencapai Rp 15.000.

Sementara itu salah satu siswa kelas 7, Rizki Ramadhan Nur Fitra menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah atas simulasi makan siang gratis tersebut. Ia juga berterimakasih kepada Pj. Bupati Aceh Besar yang mendukung penuh kegiatan itu, termasuk dengan berkunjung langsung ke sekolahnya. "Terima kasih bapak Pj Bupati Aceh besar yang telah memilih SMP Negeri 1 Darul Imarah, semoga ke depannya kegiatan ini terus berlanjut, dan terima kasih atas menu yang disajikan yang nikmat dan bergizi," ujar Rizki.(Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top