Oleh: Juariah Anzib, S.Ag

Penulis Buku Menapaki Jejak Rasulullah Dan Sahabat


Zikir bagian dari kalimah Thaiyibah. Allah Swt mengangkat derajat dan pengampunan dosa bagi hamba-hamba-Nya yang banyak berzikir. Mentauhidkan dan mengagungkan Allah dengan berbagai pujian. Diantaranya kalimat zikir Subhanallah Walhamdulillah Wa la ilaha illallah Wallahu Akbar. Lafal mulia yang  mengandung keutamaan yang luar biasa. Untuk mengetahui mari kita buka tabirnya.  

'Aidh al-Qarni dalam bukunya Muhammad Sang Inspirator Dunia menyebutkan bahwa diantara keutamaan kalimah zikir penuh berkah ini adalah paling dicintai Allah Swt. Sebagaimana sabda Rasulullah saw, "Ada empat ucapan yang paling dicintai Allah Swt, yaitu Subhanallah, Alhamdulillah, La ilaha illallah, Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja engkau memulai." (HR.Muslim)

Disamping itu kalimah ini juga sebagai penggugur dosa. Diriwayatkan oleh Anas bin Malik, Rasulullah saw pernah melewati sebuah pohon besar yang daun-daunnya mengering. Beliau memukul pohon itu dengan tongkatnya sehingga daun-daunnya jatuh berguguran lalu bersabda, "Sesungguhnya 'Alhamdulillah, Subhanallah, La ilaha illallah, Wallahu Akbar, bisa menggugurkan dosa-dosa hamba sebagaimana gugurnya daun-daun kering di pohon ini." (HR. At-Tirmidzi)

Kalimah zikir ini dapat menyamai dengan sedekah harta. Diriwayatkan oleh Abu Dzar bahwa beberapa sahabat berkata kepada Rasulullah saw. 'Wahai Rasulullah, orang-orang  kaya tentu dapat memperoleh pahala yang lebih banyak dari kami. Mereka shalat seperti kami shalat, puasa seperti kami  dan bersedekah dengan sisa harta mereka. Maka Rasulullah bersabda, "Bukankah Allah telah menjadikan berbagai macam cara kepada kalian untuk bersedekah? Karena setiap kalimah tasbih adalah sedekah, setiap kalimah takbir adalah sedekah, setiap kalimah tahmid adalah sedekah, dan setiap kalimah tahlil adalah sedekah." Jika tidak mampu bersedekah dengan harta, maka perbanyaklah membaca kalimah suci ini. 

'Aidh al-Qarni menuliskan, empat kalimah mulia ini juga dapat menyamai dengan bacaan Al-Quran. Diriwayatkan Ibnu Abu Aufa, seorang laki-laki datang dan bertanya kepada  Rasulullah saw, 'Aku tidak mampu membaca Al-Quran, maka ajarilah aku beberapa ayat Al-Quran yang mencukupiku!' Rasulullah saw bersabda, "Ucapkanlah Subhanallah Walhamdulillah, wa la ilaha illallah wallahu Akbar, Wa la haula wa la quwwata illa billah." (HR. An-Nasa i) 

Selain itu, kalimah dapat dijadikan sebagai Tanaman Surga. Kalimah yang merupakan hadiah terbaik dari nabi Ibrahim as kepada Rasulullah saw dan nabi-nabi yang lain. Abdullah Ibnu Mas'ud meriwayatkan bahwa nabi saw bersabda, "Aku bertemu dengan Ibrahim pada malam ketika aku diisrakan. Kemudian ia berkata, 'Wahai Muhammad, sampaikan salamku kepada umatmu dan beritahukan kepada mereka bahwa surga debunya harum, airnya segar dan surga datar, tanamannya terdiri dari kalimah  'Subhanallah, Walhamdulillah, Wa la ilaha illallah Wallahu Akbar." (HR. At-Tirmidzi)

Kalimah ini dapat menjadi perisai dan pelindung api neraka. Rasulullah saw menjelaskan kepada umatnya bahwa kalimah yang empat tersebut dapat menjadi pelindung dari api neraka bagi orang-orang yang mengucapkannya. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah saw  bersabda, "Ambillah perisai kalian! Para sahabat bertanya, Ya Rasulullah, apakah ada musuh yang datang? Beliau menjawab, "Tidak, tetapi yang aku maksud perisai kalian dari api neraka, yaitu ucapan, 'Subhanallah Walhamdulillah Wa la ilaha illallah Wallahu Akbar'. Sungguh mereka akan datang silih berganti pada hari kiamat kelak dan menjadi amal kebaikan yang terus menerus". (HR. An-Nasa i)

Menurut 'Aidh al-Qarni, kalimah zikir mulia ini dapat memberatkan timbangan kebaikan di hari akhirat. Abu Salma berkata, "Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, 'Bakh-bakh, kemudian beliau memberi isyarat dengan lima tanganya, alangkah beratnya kalimah-kalimah itu pada timbangan, yaitu Subhanallah Walhamdulillah Wa la ilaha illallah Wallahu Akbar". (HR. An-Nasa i)

Kalimah berkah yang dapat mendatangkan balasan dan pahala yang sangat besar. Dengan hanya mengulang-ulangnya saja, dalam hitungan menit maka akan mendatangkan pahala yang tidak terhitung jumlahnya. Dalam riwayatnya Ummu Hani binti Abu Thalib berkata, 'Pada suatu hari Rasulullah saw melewatiku, lalu aku berkata kepadanya, 'Wahai Rasulullah, aku sudah tua dan lemah, perintahkanlah kepadaku suatu amalan yang bisa aku lakukan sambil duduk'.               

Lalu Rasulullah saw bersabda, "Bertasbihlah kepada Allah seratus kali, karena itu sama dengan engkau membebaskan seratus budak dari keturunan Ismail. Bertahmidlah kepada Allah seratus kali, karena itu sama dengan seratus kuda berpelana yang memakai kekang di mulutnya yang engkau bawa di jalan Allah. Bertakbirlah kepada Allah seratus kali, karena itu sama dengan seratus unta yang menggunakan tali pengekang dan penurut. Bertahlillah kepada Allah seratus kali, karena ia memenuhi diantara langit dan bumi. Dan pada hari ini tidaklah amalan seseorang itu diangkat kecuali akan didatangkan dengan seperti yang engkau lakukan." (HR. Ahmad). 

Demikian diantara keutamaan empat kalimah zikir yang berlafazkan  Subhanallah Walhamdulillah Wa La ilaha illallah Wallahu Akbar. Lalu apa lagi yang kita ragukan untuk berzikir di setiap tarikan nafas kita. Gunakan  kesempatan baik agar kematian diiringi dengan kemuliaan.

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top