LAMURIONLINE.CO I ACEH BESAR - Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Besar kembali adakan penguatan Komite Sekolah pada pertengahan tahun 2024. Kegiatan ini mengambil tempat di Aula Dekranas Kabupaten Aceh Besar, di Gampong Gani Kecamatan Ingin Jaya pada 8 Juni 2024

Ketua MPD Aceh Besar, Prof. Mustanir  membuka dan memberi sambutan pada acara dimaksud, yang dihadiri sejumlah Ketua Komite sekolah, tokoh pendidikan, Kepala SD dan SMP dengan jumlah peserta sebanyak 120 org. 

Dalam sambutannya Prof. Mustanir menyatakan pendidikan adalah kehidupan, sesuatu yang mencerahkan dari kegelapan menuju cahaya.

Kondisi saat ini lanjut Mustanir, Pendidikan  perlu mendapatkan perhatian kita semua, dan jika merujuk ke beberapa negara maju, hebatnya pendidikan di sana karena masyarakatnya yang mendukung dunia pendidikan secara maksimal.

Mustanir juga berharap peran komite sekolah dapat maksimal, mengingat kondisi lingkungan yang saat ini sangat memprihatinkan. "Miris dengan lingkungan yang ikut mempengaruhi karakter anak kita dewasa ini, dengan serangan narkoba, dan lingkungan yang sedang tidak baik-baik saja,''ujarnya.

Dalam hal ini, Komite Sekolah diharapkan dapat terlibat aktif dalam mengontrol pelaksanaan pendidikan di daerahnya, sesuai dengan fungsi dan perannya masing-masing.

“Salah satu tujuan penguatan Komite Sekolah yang dilaksanakan hari ini adalah agar adanya pemahaman dan komitmen bersama untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan di Aceh Besar,“ lanjut Mustanir. 



"Komite sekolah haruslah pro aktif, peduli dan sigap membantu pihak sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Komite juga perlu memahami tupoksinya, membangun komunikasi yang baik dengan wali murid termasuk membicarakan tentang kemajuan sekolah.sebutnya lagi.

Penguatan komite sekolah ini diikuti 27 sekolah jenjang SD, jenjang SMP 3 sekolah dengan jumlah peserta 120 orang. Untuk masing-masing sekolah: 1 kepala sekolah, 2 orang komite dan 1 tokoh pendidikan.

Kegiatan yang ditutup oleh Drs. Abubakar, M.Si selaku Wakil Ketua MPD Aceh Besar, menghadirkan 3 orang pemateri, pertama Ustz. H. Masrul Aidi, kedua Affilinda, M.Pd (Kepala Sekolah SMP 1 Darul Imarah) dan ketiga Ahmad Zainuri, ST (Ketua Komite Sekolah SMP 1 Darul Imarah). Abubakar mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang terlibat demi suksesnya acara ini. (Sabirin)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top