Lamurionline.com ~AS: Lembaga Global Muslim Tunarunggu (Global Deaf Muslim /GDM ) telah meluncurkan kampanye unik untuk membantu Muslim tunarungu untuk bisa belajar membaca al-Quran dengan menerjemahkan kitab suci al-Quran ke dalam bahasa isyarat Amerika. 

GDM adalah organisasi non-komersial yang terdaftar di AS dan didirikan pada tahun 2005 oleh lulusan muslim tunarungu untuk mengatasi hak-hak dan kebutuhan Muslim tunarungu di seluruh dunia.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di situs Examiner, Selasa (4/12/12), Davi Barker menulis bahwa "Global Deaf Muslim (GDM) adalah satu-satunya organisasi di AS yang berfokus dalam membawa Muslim tunarunggu ke akses untuk mendapatkan pengetahuan Islam."

Visi GDM ini yang diterbitkan di situsnya, berbunyi, "Seorang muslim yang mengakui hak-hak Muslim dan hak tunarungu, harus aktif berusaha untuk memastikan mereka bisa mendapatkan akses (untuk mendapatkan pengetahuan Islam), dan termasuk semua Muslim."

Kampanye menerjemahkan Alquran dalam bahasa isyarat ini diluncurkan pada sebuah acara Asosiasi Masyarakat Muslim (MCA) di teluk Selatan, California beberapa hari yang lalu.

"Muslim Turungu berada dalam kebingungan ganda karena tidak memiliki teks-teks Islam, mereka benar-benar tidak bisa mengerti, dan tidak memiliki guru yang memadai yang bisa menjawab pertanyaan mereka," kata Barker.

"Bagi sebagian besar warga Amerika yang turungu bahasa Inggris adalah bahasa kedua mereka dan bahasa isyarat Amerika adalah bahasa pertama mereka," katanya lagi.

Meskipun tidak ada pernyataan resmi, AS merupakan rumah bagi minoritas Muslim yang jumlahnya diperkirakan sampai enam hingga delapan juta. (sia) Sumber : Cyber Sabili
SHARE :
 
Top