Dok. Umri
LAMURIONLINE.COM I SEULIMEUM - Kecamatan Seulimeum kembali menggelar Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan Serba Ikan Tahun 2019 di Aula Kecamatan setempat, Kamis (20/06). Diharapkan melalui konsumsi pangan yang berkualitas diharapkan dapat mengatasi permasalahan gizi ganda yaitu kekurangan dan kelebihan gizi yang selama ini terjadi dalam masyarakat.
Camat Seulmeum, Drs Marjoni dalam sambutanhya mengatakan salah satu masalah kekurangan gizi yang saat ini menjadi perhatian pemerintah adalah stunting, dimana gagal tumbuh pada anak balita akibat kekuragan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.

Marjoni menambahkan, tujuan pelaksanaan lomba meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya konsumsi pangan B2SA dan menu serba ikan, meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA.
“Tujuan lainnya adalah mendorong dan meninngkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan atau atau menciptakan menu B2SA dan serba ikan berbasis sumber daya lokal,” ujarnya.
Kegiatan yang dibuka langsung Camat Seulimeum tersebut diikuti oleh 47 Gampong dan turut dihadiri Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Aceh Besar, Rahmah Mawardi Ali dan Sekda Aceh Besar, Drs Iskandar MSi, tim penilai dari Kabupaten Aceh Besar, Ketua TP PKK Kecamatan Seulimeum, Ketua TP PKK Forum Keuchik Seulimeum.


Untuk diketahui, kegiatan lomba tersebut rutin setiap tahun diadakan secara berjenjang dari tingkat kecamatan hingga nasional mendapat dukungan penuh dari Pemkab Kabupaten Aceh Besar dengan dana dari Alokasi Dana Gampong (ADG) yang sudah di Pergubkan. 

Sementara Juara Lomba pada kegiatan tersebut, tertera di bawah ini

Kategori Menu B2SA:
Juara I Gampong Seuneubok
Juara II Gampong Keunaloi
Juara III Gampong Rabo

Kategori Produk Komersial:
Juara I Gampong Blang Tingkeum
Juara II Gampong Seuneubok
Juara III Gampong Lambada

Kategori Serba Ikan Menu Balita:
Juara I Gampong Bak Aghu
Juara II Gampong Meurah
Juara III Gampong Peukan Seulimeum

Kategori Serba Menu Kudapan:
Juara I Gampong Bak Aghu
Juara II Gampong Meurah 
Juara III Gampong Blang Tingkeum

Kategori Menu Keluarga:
Juara I Gampong Bak Aghu
Juara II Gampong Peukan Seulimeum
Juara III Gampong Kayee Adang

Kontributor: Umri

SHARE :
 
Top