Loading...

Kepala BDK Aceh H. Soni Sofian, SE, M.Pd saat menerima kunjungan Kabintaldam IM Kolonel Inf H. Dodo Masdori, S.I.P, M.Si di Kampus BDK Aceh, Jalan Syiah Kuala No 116, Jambo Tape, Banda Aceh, Selasa (14/07/2020). Dok. IST
LAMURIONLINE.COM | ACEH - Kepala Pembinaan Mental Kodam Iskandar Muda (Kabintaldam IM) Kolonel Inf H. Dodo Masdori, S.I.P, M.Si yang didampingi Kapten Inf H. Idrul Hakimi mengunjungi Kampus Balai Diklat Keagamaan (BDK) Aceh, Jalan Syiah Kuala No 116, Jambo Tape, Banda Aceh, Selasa (14/07).

Kedatangannya itu di sambut langsung oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Aceh H. Soni Sofian, SE, M.Pd dan Humas, Nazarullah, SAg MPd. 

Kolonel Inf H. Dodo Masdori mengatakan kunjungannya itu dalam rangka membangun silaturrahmi dengan Kepala BDK Aceh beserta jajarannya. Selain itu juga berharap agar BDK Aceh bisa bekerja sama dengan Kodam Iskandar Muda, khususnya dengan bagian Bintaldam IM  terhadap pembinaan ASN di Kementerian Agama Aceh.

Dalam silaturrahmi tersebut Kabintaldam IM juga memberikan sedikit analisanya yang  berkaitan dengan konflik internal umat beragama di Aceh yang terjadi selama ini. Selain itu juga termasuk konflik eksternal umat beragama seperti yang terjadi di Aceh Singkil pada tanggal 13 Oktober 2015. 

Menurutnya semua kejadian atau permasalahan yang terjadi baik intenal maupun eksternal umat beragama disebabkan adanya provokatif dan niat jahat dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

“Mareka melakukannya itu dengan tujuan untuk memecah belah umat beragama. Bila ini terjadi, maka yang akan rugi adalah rakyat dan masyarakat Aceh sendiri. Dari itu kita berharap ummat beragama di Aceh dapat hidup rukun dan damai,” kata Kolonel Dodo Masdori.


Sementara itu Kepala BDK Aceh Soni Sofian menyambut baik ajakan jalinan kerja sama tersebut. Menurut Soni Sofian nantinya Kabintaldam IM ini akan difasilitasi untuk mengisi materi di Diklat Moderasi Beragama untuk para Penyuluh dan Penghulu agama di bawah jajaran Kementerian Agama Provinsi Aceh. Dalam Diklat tersebut juga ada materi yang berkaitan dengan resolusi konflik umat beragama. 

“Berdasarkan pengalaman yang pernah dilaluinya di hampir berbagai daerah di Indonesia, maka kami yakin dan percaya, Kolonel Dodo Masdori akan bisa memberikan pencerahan kepada para penghulu dan penyuluh agama. Nantinya marekalah sebagai corong pemerintah di berbagai pelosok daerah di Aceh,” kata Soni Sofian.

Soni Sofian menambahkan nanti pada saat berlangsungnya Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Kementerian Agama Aceh tahun 2020, akan dilakukan kerja sama juga dengan Bintaldam IM melalui kegiatan 'caraka' untuk membentuk mental CPNS yang lebih berkualitas dan lebih cinta tanah air.

“Alhamdulillah, semoga dengan adanya kerjasama BDK Aceh dengan Bintaldam IM ini dapat membantu dan memberi solusi yang kongkrit terhadap permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat. Semoha masyarakat akan selalu hidup rukun dan damai,”pungkas Soni Sofian. (murdani/rel)
SHARE :
 
Top