Loading...

LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Setiap manusia membutuhkan Rasul untuk memenuhi salah satu kebutuhannya. Demikian kata Ustaz M Hatta Selian Lc MA dalam Pengajian Bulanan Muhammadiyah Aceh Besar di Lambaro, Sabtu, (7/11). 

Dia menguraikan, unsur manusia terdiri dari jasad, akal dan ruh. Masing-masing unsur harus dipenuhi kebutuhannya. Misalnya , jasad yang membutuhkan gizi, pakaian dan lain-lain. 

"Berikutnya kebutuhan akal adalah ilmu pengetahuan, data dan informasi, sehingga apa yang paling banyak dibaca dan dilihat akan memengaruhi akal. Domain akal untung atau rugi," urai Pimpinan Dayah Ar-Rabwah Indrapuri ini. 

Katanya, ruh membutuhkan hidayah. Domainnya adalah benar dan salah. Ruh memerlukan kasih sayang dan agama. Dalam konteks inilah, manusia membutuhkan Rasul. 

Sebagian manusia sekarang, kata M Hatta, akan sangat berkorban untuk memenuhi kebutuhan jasad seperti berobat dengan biaya yang tinggi. "Sementara kebutuhan ruh tak terpenuhi mereka bersikap biasa-biasa saja," tegasnya. 

Dia menjelaskan, ruh membutuhkan hidayah, yang mengharuskan adanya penjelas yaitu Rasulullah. Karena itu, Allah mengutus Rasulullah untuk menjelaskan dan menunjuki manusia kepada kebenaran. 

"Maka ketika Rasulullah Muhammad Saw wafat, ummatnya sudah dalam keadaan terang benderang, semuanya telah dijelaskan beliau," katanya. 

Dia mengatakan, yang layak memberi penjelasan adalah Muhammad Saw. Kerena sifat dasar yang dimiliki Rasulullah mendukung penyampaian risalah Islamiah. "Sifat pertama beliau adalah jujur secara mutlak," katanya. 

"Rasulullah Saw tak pernah sekalipun berdusta. Hatta musuh pun mengakui kejujuran Nabi," katanya. Para sahabat juga memberi kesaksian bahwa Rasulullah adalah pribadi yang jujur dan tak pernah berbohong. 

Dalam kenyataannya, Rasulullah selalu berkata dan bertindak jujur. Tak pernah ingkar janji. Dalam canda pun beliau tak pernah bohong. Sementara umatnya bisa saja bohong dan ingkar janji dalam kampanye, misalnya.

Sifat dasar lainnya yang dimiliki Rasulullah, katanya, amanah dalam berbicara dan berbuat. Beliau amanah dalam meriwatkan dan menyampaikan risalah Islamiah. 

M Hatta menjelaskan sifat Rasulullah, menyampaikan secara sempurna. Dari sifat ini, beliau mengumpulkan sahabat, mendatangi sahabat, mengirimkan dai dan mengirimkan surat untuk menyampaikan risalah Islamiah. 

Rasulullah juga memiliki sifat dasar fathanah. Belau sangat perasa, jernih pikiran, jernih dalam pemahaman, dalam kecerdasan, dan cepat tanggap. "Rasulullah cepat loading," tegasnya. 

Jadi dengan sifat-sifat dasar itu, katanya, sangat layak menjadi Rasulullah sebagai penerus risalah, yang dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan ruh manusia dapat terpenuhi. (smh/rel)

SHARE :
 
Top