LAMURIONLINE.COM | SABANG - Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya upaya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkugan. 

Senin (09/11) PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I Fuel Terminal Sabang bekerjasama dengan Rumah Zakat Aceh melaksanakan penanaman 2000 (dua ribu) bibit pohon mahoni diwilayah Danau Aneuk Laot dan Waduk Paya Seunara Kecamatan Sukakarya Kota Sabang yang di kemas dalam Program Penghijaun. Kegiatan launching Program Penghijauan secara simbolis dilaksanakan pada pukul 09.30 sd selesai di Gampong Aneuk Laot Jurong Putroe Haloeh.  

Hadir pada kegiatan tersebut Walikota Sabang yang di wakili oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Manager Pertamina Ft Sabang, Yunus Yogha Nantha, Kepala Cabang Rumah Zakat Aceh, Riadhi, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Sabang, BKPH (Badan Kesatuan Pengelolaan Hutan) Sabang, Muspika Kecamatan Sukakarya, Keuchik Gampong Aneuk Laot, Keuchik Paya Seunara, kelompok peduli lingkungan Gampong Danau Aneuk Laot, dan tokoh masyarakat setempat. 

Penyerahan bibit mahoni secara simbolis oleh Manager Ft Sabang, Yunus Yogha Nantha kepada Keuchik Danau Aneuk Laot dan Keuchik Paya Seunara, dan penanaman bibit bersama dilahan yang sudah disediakan kawasan Danau Aneuk Laot. 

Sambutan Walikota Sabang sekaligus meresmikan Program Penghijauan yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Fakri, SE, MAP menyampaikan, berterima kasih kepada Pertamina dan Rumah Zakat yang telah memilih Danau Aneuk Laot dan Waduk Paya Seunara sebagai tujuan program penghijauan. Pihaknya juga menyebutkan dulu debit air Danau Aneuk Laot banyak dan sekarang mulai menyusut, dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi pembangkit semangat dan menjadi contoh bagi masyarakat lainya di Kota Sabang. 

“Danau Aneuk Laot juga sebagai jantung Kota Sabang bila Aneuk Laot kering bisa jadi semua kekeringan” ungkap Fakri. 

Disela-sela sambutanya Manager Fuel Terminal Sabang, Yunus Yogha Nantha, mengungkapkan, Pertamina sebagai perusahaan energi nasional berkomitmen untuk senantiasa memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian alam, lingkungan dan manusia. 

Dengan semangat tersebut Pertamina untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan membuat inisiatif strategis yaitu salahsatunya pemberdayaan masyarakat dibidang manusia, pangan, lingkungan maupun kesehatan. 

Tentu Pertamina sadar bahwa untuk mengelola tanggungjawab social lingkungan perlunya program-program CSR salahsatunya bidang lingkungan yaitu program penghijauan. Dengan semangat tersebut Pertamina menggandeng Rumah Zakat sebagai mitra untuk menjalankan program-program tersebut sehingga tepat sasaran dan memberikan dampak positif bagi masyarakat maupun lingkungan. 





Program penghijauan ini dipilih untuk menahan erosi dan abrasi air dan sebagai asset investasi bagi kita atau anak cucu kita dalam 5 tahun, 10 tahun atau 20 tahun kedepan, manfaat hutan ini juga bisa menambah serapan air sehingga tidak terjadi kekeringan. Pihaknya juga menyinggung bisa jadi kedepan hutan ini tumbuh dan menjadi objek wisata berbasis lingkungan. Pungkasnya 

Sebelumnya telah dilaksanakan launching program pemberdayaan ekonomi olahan ikan, bantuan pendidikan dan program pelajar siaga bencana untuk 6 (enam) sekolah, program bank sampah edukasi pengelolaan sampah, dan social mapping. 

Dalam implementasi penanaman bibit mahoni Tim Rumah Zakat berkordinasi dengan aparat setempat dan membentuk kelompok Peduli Hutan & Lingkungan yang berasal dari pemuda dan remaja gampong setempat. 

Sebagaimana disampaikan Kepala Cabang Rumah Zakat Aceh, Riadhi, 

“Tentunya kita menjunjung kearifan local setempat megandeng para tokoh pemuda dan remaja untuk bersama menjaga linkungan, menjaga tanaman pohon yang telah di amanahkan dari Pertamina Ft Sabang sebagai warisan untuk anak cucu kita masa yang akan datang.” sebut Riadhi.

Penghijauan memiliki beberapa menfaat diantaranya sebagai paru-paru kehidupan, dimana pada pertumbuhanyya menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan untuk pernafasan makhluk hidup. Sambung Riadhi. 

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pertamina Fuel Terminal Sabang, Pemerintah Kota Sabang, Muspika Sukakarya dan para tokoh gampong Danau Aeuk Laot dan Paya Seunara yang telah bersama-sama mensukseskan penanaman bibit 2000 (dua ribu) pohon mahoni. (rel)

SHARE :
 
Top