Loading...

Lamurionline.com -- Kuta Malaka : Dalam rangka memperingati hari Pahlawan, Selasa 10 Nopember 2020 puluhan santri Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Sultan Alaidin Mahmudsyah Gampong Tumbo Baro Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar melakukan ziarah ke makam salah satu raja Aceh dari Kerajaan Aceh Darussalam yang berlokasi di dusun Cot Bada Gampong Tumbo Baro. Nama Raja Aceh yang merupakan salah satu pejuang dalam melawan kolonialisme Belanda telah di tabalkan pada nama jalan dan nama TPQ di gampong tersebut.


Kegiatan ziarah yang di pimpin oleh Direktur TPQ  Mawaddah AMd, selain di ikuti oleh para santri, juga para ustaz-ustazah, mahasiswa KPM UIN Ar Raniry dan keuchik Tumbo Baro H Khalid Wardana SAg MSi. 

Dalam kesempatan ziarah, keuchik Tumbo Baro langsung memimpin doa bersama dan menceritakan riwayat perjuangan Sultan Alaidin Mahmudsyah dalam memimpin kerajaan Aceh melawan penjajah Belanda.


Ketika pasukan Belanda sudah berhasil menguasai istana kerajaan, Sultan Alaidin menyingkir ke kawasan Pagar Air dan terus memimpin peperangan. Akan tetapi Sultan jatuh sakit dan meninggal dunia hingga di makamkan di Cot Bada Gampong Tumbo Baro.

Kepada para santri juga di berikan spirit untuk terus berjuang mengisi kemerdekaan dan meneladani jasa pahlawan.

Para pahlawan telah mengorbankan darah dan air mata mempertahankan agama dan tanah air sehingga menjadi tugas dan tanggung jawab generasi sekarang untuk mensyukuri nikmat dan mengisi kemerdekaan dengan belajar menuntut ilmu sehingga menjadi generasi yang berguna untuk agama nusa dan bangsa.


Ril : KW

Red : CM

SHARE :
 
Top