* Tak Ada Korban Jiwa

FOTO/ HUMAS DINSOS ACEH
Kepala Dinas Sosial Aceh Besar, Bahrul Jamil SSos MSi bersama Wakil Ketua DPRK Aceh Besar Zulfikar Aziz SE, Camat dan Unsur Muspika Bairussalam menyerahkan bantuan masa panik kepada Bandahasanah (65 tahun) warga Gampong Blang Krueng yang rumahnya terbakar, Minggu (28/2/2021) petang.


lamurionline.com -- Kota Jantho : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar menyerahkan bantuan masa panik kepada korban rumah terbakar di Gampong (desa-red) Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (28/2/2021) sekitar pukul 15.00 WIB.

“Bantuan masa panik yang kami serahkan guna membantu dan meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah rumah terbakar,” kata Bahrul Jamil SSos MSi, Kepala Dinas Sosial Aceh Besar, disela-sela penyerahan bantuan tersebut, Minggu (28/2/2021) petang.

Bantuan masa panik diantar langsung Kadis Sosial Aceh Besar kepada korban kebakaran. Ada pun bantuan yang diserahkan tersebut diantaranya bersumber dari dana APBK gula 4 kg dan minyak goreng 4 liter, APBA berupa air mineral 2 dus, Ikan sarden 10 kaleng, Kecap 10 botol, Sambal 10 botol, Biskuit 12 pack, mukena 1 lembar, Kain sarung, Sajadah, Baju daster dan Kain batik masing-masing 2 lembar, serta CD wanita dan BH masing-masing 4 buah.

Lebih lanjut BJ sapaan akrab Bahrul Jamil merincikan bahwa bantuan juga bersumber dari APBN seperti Makanan siap saji A, B, C, D 2 paket, tiga Paketan lauk pauk, dua Selimut woll dan Peralatan dapur, Matras, Foodwere masing-masing satu buah. “Kami juga bawa bantuan dari Bank Aceh berupa dua karung beras dan dua dus Indomie,” 

Turut hadir saat penyerahan bantuan masa panik tersebut, Wakil Ketua DPRK Aceh Besar Zulfikar Aziz SE, Camat dan Unsur Muspika Bairussalam, Kabid Linjamsos dan sejumlah pejabat Dinsos Aceh Besar, serta para relawan Tagana dan sosial lainnya.


Tak Ada Korban Jiwa

Sementara itu, sebagai mana informasi petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar, kepada media ini, dilaporkan bahwa Informasi awal tentang adanya kejadian kebakaran yang disampaikan oleh warga masyarakat melalui telfon emergency.

Satu unit rumah shalter milik Bandahasanah (65 tahun) warga Gampong Blang Krueng itu habis dilalap si jago merah dan mengalami kerusakan berat serta tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Menurut keterangan warga setempat pada saat kejadian korban sedang tidak berada di rumah, namun berada di rumah anaknya yang tak jauh dari lokasi kejadian. Dikarenakan kondisi cuaca yang panas dan rumah yang berkontruksi kayu tersebut sehingga api begitu cepat dan mudah menghabiskan rumah korban sehingga harta benda milik korban tak satupun ada yang berhasil di diselamatkan. Untuk penyebab kejadian kebakaran sudah dalam penanganan pihak yang berwajib.

Dalam upaya pemadaman tersebut, BPBD Aceh Besar mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran yang didatangkan dari pos Kajhu dan pos Induk Sibreh serta di bantu oleh satu unit armada pemadam kebakaran dari Pemko Banda Aceh dan dukung oleh 10 personil pemadam kebakaran.

Setiba dilokasi kejadian petugas langsung melakukan pemadaman, rumah yang berkontruksi kayu tersebut begitu cepat habis terbakar dan setelah dilakukan pemadaman hanya kerangka rumah yang tersisa dikarenakan rumah shelter sehingga rangka baja nya saja yang tersisa sementara dinding dan bagian yang lain semua habis terbakar.

Untuk pemilik rumah tersebut saat ini harus mengungsi kerumah anak korban yang juga tak jauh dari rumah korban yang terbakar. Usaha pemadaman dan pendinginan baru selesai di lakukan oleh petugas pada pukul 16.10.wib.

Dalam upaya pemadaman tersebut petugas Pemadam juga ikut di bantu oleh aparat TNI/Polri dari Koramil dan Polsek setempat, RAPI, ERPA dan warga masyarakat.(Cek Man/Ril)

SHARE :
 
Top