LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Bertempat di Ruang Riset Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Aceh Besar, Kelompok Kerja (Pokja)  Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia 2 Aceh Besar menggelar kegiatan Program  Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Kegiatan secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua MGMP Madrasah Aliyah Provinsi Aceh, Nurchaili SPd MKom, Rabu (27/10/2021). Turut hadir Fasilitator Provinsi (Fasprov) Anizar, Ssi MPd dan Bendahara MGMP Madrasah Aliyah Kabupaten Aceh Besar, Dra Thursina MPd.

PPKB yang akan dilaksanakan oleh Pokja MGMP Kimia 2 Aceh Besar hingga 17 Desember 2021 ini didanai melalui skema pinjaman dari World Bank (Bank Dunia) dalam bentuk block grant yang diimplementasikan melalui proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education (REP-MEQR). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Kementerian Agama RI.

Dalam sambutannya Nurchaili berharap Pokja MGMP Kimia 2 Aceh Besar dapat mengemban amanah dan kepercayaan dengan baik serta menjalankan kegiatan sesuai juknis yang telah ditetapkan. “Melalui PPKB diharapkan pemberdayaan guru madrasah yang berbasis pada komunitas dan organisasi guru dapat terwujud”, kata Nurchaili. 


Dengan demikian akan berdampak  positif terhadap peningkatan kualitas guru yang akan terlihat dari meningkatnya kompetensi dan profesionalitas, tambah penulis modul PKB kimia tingkat nasional ini. PPKB merupakan pengembangan kompetensi yang dilakukan guru sesuai kebutuhan, bertahap dan berkelanjutan, ujar Nurchaili yang juga menjabat sebagai Ketua MGMP MA Kabupaten Aceh Besar.

Menurut Nurchaili, di Aceh Besar ada sebelas Pokja MGMP MA yang proposalnya disetujui, yaitu Pokja MGMP Kimia, Fisika, Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, masing-masing dua Pokja dan satu Pokja MGMP Biologi.  

Ketua MGMP Kimia 2 Aceh Besar, Salawati, SPd mengatakan, kegiatan diikuti oleh seluruh anggota Pokja MGMP Kimia 2 Aceh Besar yang berjumlah 16 orang. Kegiatan perdana diisi dengan bedah materi UP 3 Geometri Molekul yang difasilitasi oleh Fasilitator Daerah (Fasda) Dahlia, SSi. (rel)

SHARE :
 
Top