lamurionline.com -- Aceh Besar : Siti Aminah, S.IP., M.MLS Direktur Internasional Scholarship Partner (ISP) Aceh -- salah satu lembaga les bahasa asing tepatnya bahasa Mandarin-- kunjungi Perpustakaan MAN 4 Aceh Besar, Senin, 7 Maret 2022.

Kunjungan “Sang Inspirator” Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh tersebut dalam rangka memotivasi peserta didik MAN 4 Aceh Besar dan memperkenalkan bahasa Mandarin kepada siswa yang sedang belajar di Klinik Perpustakaan. 

Menurut Mina nama akrab Siti Aminah, "Belajar bahasa Mandarin untuk anak Madrasah punya prospek yang baik dan bagus  di masa depan, hari ini perkembangan teknologi hampir semua berkiblat ke Negeri Tirai Bambu (Cina), apalagi hubungan Indonesia dan China saat ini sangat baik, mau tidak mau kedepan bahasa Mandarin menjadi bahasa yg paling banyak di gunakan di dunia", ucap Alumni Library Science Central China Normal University (CCNU).

Sebelumnya, Perpustakaan MAN4 Aceh Besar telah melakukan terobosan dalam bidang literasi, yakni dibentuknya Klinik Perpustakaan, dengan jadwal pelayanan setiap hari Senin dan Kamis.

Pustakawan MAN 4 Aceh Besar Rahmawati, S.IP menyebutkan awal muncul ide membuka klinik perpustakaan dikarenakan waktu mengunjungi perpustakaan sangat sedikit, bila dilihat dari jadwal pembelajaran di Madrasah. 

"Waktu untuk mengunjungi perpustakaan tidak dijadwalkan secara khusus, tapi peserta didik di madrasah hanya memanfaatkan waktu kosong, jika ada guru yang berhalangan masuk kelas, dan itupun sangat jarang terjadi di MAN 4 Aceh Besar" ucap Rahma

Menyikapi hal itu, -- mengingat pentingnya literasi bagi peserta didik, apalagi kedepan soal ujian, baik Penilaian Akhir Semester (PAS), Ujian Madrasah (UM) dan Penilaian Akhir Tahun semua berbasis literasi-- maka Klinik Perpustakaan menjadi alternatif bagi peserta didik dalam meningkatkan pengembangan diri. 

"Di klinik perpustakaan peserta didik dapat mengulang pelajaran, belajar bersama teman sebaya, klub menulis, English clup, dan belajar bahasa asing lainnya", tutup Rahmawati tim penguji tenaga perpustakaan SMK berprestasi tahun 2021 tersebut. [KA]

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top