LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang berkolaborasi dengan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Selasa (01/11) dengan Tema "Optimalisasi Tridharma Perguruan Tinggi Menuju Kampus Merdeka".

Ada beberapa dosen dan mahasiswa dari Prodi se-lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang ikut serta dalam kegiatan ini, yaitu, Prodi pendidikan Agama Islam, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Kimia, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi pendidikan Biologi, Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam

Dalam kegiatan pengabdian ini di ketuai Wakil Dekan III FTK UIN Ar-Raniry, Dr. Mumtazul Fikri, S.Pd.I., M.A. Dalam sambutannya Dr Mumtazul mengingatkan kembali akan hubungan dari kedua daerah tersebut dalam bidang keilmuan maupun keislaman. 

"Terimakasih sebesar-besarnya kepada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang telah menjamu kami dan sebenarnya Aceh dengan Tanah Minangkabau adalah 2 daerah yang sudah lama bersaudara, baik secara keilmuan atau keislaman. Oleh sebab itu, perlu adanya kolaborasi antar 2 daerah tersebut. Salah satu kolaborasi nya adalah dengan adanya implementasi antar kedua kampus ini." ujar Dr Mumtazul

Semenatara Dekan FTIK UIN Mahmud Yunus juga menyampaikan bahwa duduk sama rata, batagak sama tinggi. Inilah yang menjadi prinsip agar kedua kampus ini melakukan kolaborasi dalam berbagai hal kedepan. Mulai dari pengabdian, penelitian dan pembelajaran. 

"Diantara kegiatan yg dilaksanakan oleh FTIK UIN Batusangkar yaitu penggunaan research dalam setiap kegiatan, penelitian payung yaitu antara antara dosen dan mahasiswa dan kerjasama dalam pemberian materi dosen  di luar kampus". ucapnya.

Dalam hal ini koordinator lapangan, Susanti S.Pd.I., M.Pd juga mengingatkan kepada seluruh mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry untuk selalu bersikap sopan dan menjaga nama baik institusi 

"Kali ini kita mengadakan pengabdian di daerah Batusangkar, kita tetap menjaga sopan dan santun di tanah orang. Jaga nama baik almamater kita dan jaga baik nama diri sendiri, dan dalam perjalanan berhari-hari kita ini juga harus tetap menjaga ibadah" tegas Susanti.

Ketua SEMA FTK, Agam Muhammad Riski dan Ketua DEMA FTK, Daudi Alwi juga ikut serta dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini juga didukung penuh dari Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Safrul Muluk, M.A., M.Ed., Ph.D serta Dosen se-Lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta beberapa pihak eksternal lainnya. (farial/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top