lamurionline.com -- Sigli – Seribuan siswa-siswi pesilat cilik dari Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidayah (MI) se-Kabupaten Pidie menampilkan atraksi Pencak Silat pada Opening Ceremony Pekan Olah Raga Aceh (PORA) XIV di Lapangan Blangpaseh, Kota Sigli, Pidie, Sabtu (10/11/2022) pagi.

Berbagai aktraksi seni salah satu olahraga leluhur Indonesia mendapat perhatian yang meriah pada event olah raga empat tahunan Aceh ini yang berlangsung 10-22 Desember 2022 di Kabupaten Pidie dan baru saja di buka Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki.

Penampilan 1000 pesilat cilik dari 300 SD/MI di Pidie dilakukan seleksi oleh Pengprov Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Aceh dan dilatih khusus tampak cukup menarik perhatian pengunjung. Selain pesilat cilik laki-laki juga ada pesilat cilik perempuan yang mengenakan baju serba hitam Aceh dengan ikat pinggah merah.

Selain atraksi silat juga ditampilkan rapai geleng dengan cae Aceh dan penampilan Pok kipas mampu memukau ribuan penonton yang memadati stadion Blangpaseh.



Salah seorang pengunjung Nanda, asal Medan Sumatera Utara yang berkesempatan menonton pembukaan PORA XIV sangat senang dan takjub melihat penampilan pesilat cilik dan atraksi seni tari. “Luar biasa penampilan adek-adek pesilat dan seniman Aceh,” tuturnya.

Senada dengan Nanda, pengunjung lokal Ramlah yang duduk di tribun sejak pagi juga menyatakan sangat senang melihat berbagai penampilan dan atraksi seni saat pembukaan PORA XIV ini. “Kami sengaja datang bersama keluarga dan teman-teman sekampung untuk melihat pembukaan PORA, ini luar biasa,” ujar Ramlah yang sehari-hari berprofesi sebagai penjual salak pliek di Kota Sigli.(Mar)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top