lamurionline.com -- Sabang – Baitul Mal Aceh (BMA) melakukan penyerahan secara simbolis rumah bantuan kepada  salah seorang mustahik di Gampong Cot Abeuk Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Jumat (9/12/2022). 

Penyerahan secara simbolis ini dihadiri Pj Walikota Sabang, Reza Fahlevi,  unsur Forkopimda, para Kepala OPD,  perangkat camat dan  gampong Cot Abeuk. 

Dalam laporannya Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden, menjelaskan  proses pembangunan rumah yang  didata sejak 2018 dan baru bisa direalisasikan tahun 2022. 



"Karena ada perubahan regulasi qanun tahun 2018, maka tahun 2019 Baitul Mal tidak diizinkan melakukan pembangunan rumah. Terakhir dengan komitmen bersama gubernur dan legislatif sepakat  merevisi qanun yang  disahkan tahun 2021 lalu," ungkapnya. 

"BMA mencari format yang tepat dalam pelaksanaannya, sehingga terpilihlah mekanisme swakelola tipe 4 sesuai dengan peraturan LKPP dengan pembentukan kelompok masyarakat. Karena waktu yang terbatas hanya enam kabupaten/kota bisa dibangun sejumlah 164 unit   tahun 2022. Jadi masih tersisa lebih kurang 600 unit rumah lagi belum dibangun. Tahun 2023 BMA akan bangun tuntas," katanya. 

Anggota Badan BMA, Muhammad Ikhsan  menyampaikan terima kasih atas keterlibatan masyarakat, Pemerintah Kota Sabang, walikota, asisten, Baitul Mal Kabupaten/Kota,  seluruh keuchik dan ketua pokmas di desa-desa  yang telah membantu pembangunan rumah  di gampong masing-masing.

Muhammad Ikhsan mengatakan, sudah kewajiban BMA bertugas mengelola zakat  infak,  wakaf dan harta agama lainnya. 

“Tantangan BMA mengefektifkan zakat dan infak untuk membantu fakir miskin agar dapat bisa mandiri, apalagi jika menjadi muzakki. Baitul Mal harus fokus melakukan pemberdayaan ekonomi  sehingga masalah fakir miskin dapat diselesaikan,” ungkapnya. 

Muhammad Ikhsan mengatakan,  tantangan yang harus dihadapi  berikutnya adalah memperbaiki data fakir miskin. "Dengan database terintegrasi yang dapat merecord data  fakir miskin yang telah tumbuh mandiri, sehingga  program bantuan sesuai  data yang aktual," katanya. 

“Mohon doa dan  sama-sama kita bekerja  memandirikan ekonomi  kaum fakir miskin, semoga kedepan akan  lebih baik dan sinergis lintas dinas,” harapnya. 

Pj Walikota Sabang, Reza Fahlevi, dalam sambutannya  menyampaikan terima kasih kepada BMA yang telah membantu warga Kota Sabang, yang bukan hanya bantuan rumah tetapi juga dalam bentuk program bantuan lainnya.

“Kami yakin zakat adalah solusi mengatasi kemiskinan, terutama jika saling bersinergi, perbaikan data base dan koordinasi dengan semua lembaga dalam pengentasan kemiskinan,” ungkapnya.

Reza Fahlevi meyakinkan kemiskinan ekstrim sekitar 5 persen di Kota Sabang dengan pengelolaan zakat dan  infak di Baitul Mal mampu mengatasinya. Untuk itu, dia mengajak masyarakat menunaikan  zakat dan infak melalui baitul mal gampong dan baitul mal kabupaten/kota. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top