lamurionline.com -- Aceh Besar – Indrapuri, SMPN Ali Hasjmy laksanakan Unity Camp perdana yang dilaksanakan mulai tanggal 17 s/d 19 November 2023 di sekolah setempat. Pemberian nama Unity Camp sendiri di ambil dari bahasa inggris yang terdiri dari dua kata yaitu Unity dapat diartikan dengan “persatuan” sedangan Camp/Camping ialah “perkemahan”, jadi Unity Camp sendiri dapat diartikan dengan Persatuan Perkemahan. 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Mabigus SMPN Ali Hasjmy yang bertindak sebagai pembina pada upacara pembukaan Unity Camp perdana pada hari Jum’at (17/11/23) di halaman sekolah setempat.


Dalam laporan ketua panitia (Dian Azhari, S.Sos., S.H) ia menyampaikan bahwa “kegiatan Unity Camp ini merupakan kegiatan perdana yang kita laksanakan untuk tingkat penggalang se-Kabupaten Aceh Besar dan terimakasih kepada seluruh kakak-kakak pembina pangkalan yang terlah berpartisipasi dalam kegiatan ini.” ujarnya

Dalam sambutannya sekaligus pembukaan acara, Fakhruddin, S.Ag., MA selaku Mabigus SMPN Ali Hasjmy mengapresiasi kepada seluruh guru, pembina pramuka, pelatih pramuka atas dukungannya dalam penguatan kembali Gugus Depan (Gudep) Pramuka.


Ia juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh peserta Unity Camp I yang terdaftar dari 8 (delapan) pangkalan yang terdapat dalam lingkup wilayah Kabupaten Aceh Besar. Ia juga menegaskan dalam kepramukaan kita diajarkan tentang kedisiplinan, karakter, life skill, mindset yang baik, kemandirian, pribadi yang percaya diri, dan berbagai kegiatan yang lain, sehingga menjadi pribadi yang siap dalam segala situasi.” terangnya

Pada kegiatan Unity Camp Perdana ini setidaknya terdapat 142 peserta dari 8 (delapan) pangkalan yang mendaftar, di antaranya; (1) SMPN 1 Peukan Bada 32 peserta, (2) MIN 27 Aceh Besar 20 peserta, (3) MTS Samudra Pasai Madani 20 peserta, (4) SMP Baitul Qur'an 10 peserta, (5) SMPN 3 Al-Fauzul Kabir 10 peserta, (6) MIN 45 Aceh Besar 20 peserta, (7) MTsN 4 Aceh Besar 10 peserta dan (8) SMPIK Nurul Qur'an 20 peserta. 

Pelaksanaan Unity Camp Perdana ini mengangkat tema tentang “Dengan Memperkuat Tali Persaudaraan Kita Menjadi Kuat.” Tujuannya adalah semoga dengan terlaksananya kegiatan ini kita sebagai umat manusia kembali dapat menyambung hubungan dalam kebaikan dan kedamaian. 

Persatuan dan kesatuan antar-sesama manusia tidak mungkin dapat terwujud kalau tidak ada semangat persaudaraan. Silaturahmi memiliki makna bentuk kebaikan yang diberikan kepada keluarga, kerabat, sahabat, atau saudara sesama muslim untuk memeperkuat tali persaudaraan. Silaturahmi memperkuat hubungan yang sempat lemah, menjernihkan hubungan yang sempat keruh.

Selanjutnya semoga dengan terjalin tali silaturrahmi yang kuat melalui kegiatan Unity Camp ini kita berharap dapat membentuk karakter/ kepribadian dan akhlak yang mulia para generasi muda, serta menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa di dalam diri generasi muda serta menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan para generasi muda sehingga menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakta dan negara.(Cek Man/MZ)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top