lamurionline.com -- Kota Jantho -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar mengadakan serangkaian kegiatan Khanduri Maulid Nabi Muhammad SAW serta zikir dan doa sebagai bagian dari refleksi terhadap tragedi tsunami di Kota Jantho pada Minggu (24/12/2023). Acara ini diadakan secara terpisah, dimulai dari Gedung Utama Jantho Sport City (JSC) dan dilanjutkan di Masjid Almunawwarah.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Besar, Rusdi SSos MSi, menyatakan bahwa acara maulid yang diadakan oleh Pemkab Aceh Besar dimeriahkan dengan dukungan dari 29 paket hidangan khanduri khas Aceh yang disumbangkan oleh berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Aceh Besar. Selain itu, ada juga sumbangan berupa tiga kuah beulangong dari para camat, PDAM Tirta Montala, dan manajemen Bank Aceh Cabang Kota Jantho.


"Alhamdulillah, pelaksanaan khanduri maulid yang dimulai setelah ashar di pelataran JSC diikuti oleh warga sekitar Kota Jantho, jajaran Forkopimda, OPD, serta para camat di Aceh Besar, berlangsung dengan sukses," ujar Rusdi.

Lebih lanjut, warga yang berpartisipasi dalam acara khanduri maulid adalah penduduk gampong di sekitar Kota Jantho yang diundang oleh panitia.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM dan Istri juga turut serta dalam makan khanduri bersama masyarakat Kota Jantho setelah membagikan puluhan santunan kepada masyarakat setempat.

Dalam tradisi Bu Rungkhom, semua peserta khanduri makan menggunakan wadah yang sama, yaitu piring kaleng motif berbunga, menunjukkan kesatuan dalam berbagi hidangan.

Setelah khanduri maulid, acara dilanjutkan setelah magrib dengan tausiyah singkat, zikir, dan doa di Masjid Al Munawwarah yang juga Masjid Agung Aceh Besar yang dipimpin oleh Ustad Zamhuri Ramli.

Pj Bupati Muhammad Iswanto SSTP MM, didampingi Sekda Aceh Besar Drs. Sulaimi MSI, para Asisten Sekdakab Aceh Besar, kepala OPD, dan para camat mengikuti rangkaian acara, mulai dari khanduri maulid hingga zikir dan doa dalam rangka memperingati 19 tahun Tsunami Aceh.

Acara zikir dan doa sebagai refleksi 19 tahun tsunami berlangsung dari waktu shalat magrib hingga isya, diakhiri dengan makan malam yang juga merupakan khanduri maulid dari Dinas Syariat Islam serta Dinas Pangan Aceh Besar. Makan malam ini dilaksanakan setelah isya dan diikuti oleh rapat internal Pj Bupati bersama jajaran selama sekitar 20 menit untuk membahas pembenahan pengelolaan Masjid Al Munawwarah.(Cek Man)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top