Adv

Adv

Dok. IST
LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Aceh, menggelar Seminar Parenting Milenial bertajuk mengenali dan mengatasi tantangan pengasuhan di era digital, di Meuligo Gubernur Aceh, Sabtu (8/12).

Seminar yang dibuka Wakil Ketua TP PKK Aceh, Dr Ir Dyah Erti Idawati MT dibagi dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan pembicara utama sekaligus psikolog nasional Elly Risman Psi, Direktur Yayasan Kita dan Buah Hati, Jakarta.

Dyah dalam sambutannya mengatakan, pengasuhan anak usia dini dinilai penting guna menghasilkan penerus generasi bangsa yang cerdas dan tentu juga berakhlak mulia. Menurutnya, perkembangan teknologi yang kian pesat, menuntut orang tua untuk lebih cerdas dalam memikirkan kiat membina anak sebagai generasi masa depan.


"Jika tidak, kualitas generasi muda akan kian merosot akibat ketergantungan pada teknologi dan pengaruh globalisasi itu membuat orang tua harus lebih cerdas untuk mengatasinya lewat berbagai upaya," ujar Dyah. 


Dyah Erti Idawati yang juga istri Plt Gubernur Aceh menambahkan, mendidik anak, secara substansial tertuang dalam al-Quran. Allah SWT telah menyuruh seluruh manusia untuk memelihara keluarga dan anak-anaknya.

"Oleh Karena itu, anak sebagai aset masa depan menjadi tanggung jawab orang tua dalam hal pendidikan dan pembinaan," katanya.

Ia mengharapkan seminar yang digelar tersebut dapat menambahkan keilmuan bagi semua anggota PKK dari seluruh Aceh, yang nantinya bisa mempengaruhi kebijakan dan program di daerah terkait pola mengasuh anak. 

Selain itu, lanjut Dyah, seminar parenting itu sangat penting dalam rangka perluasan wawasan untuk menyusun program tahun depan khususnya dalam hal parenting. 

"Harapan kita program ini bisa dijalankan secara lebih maksimal di masa yang akan datang," pungkas Dr Dyah.

Sementara itu, Ketua Panitia Tati Ariana mengatakan, seminar Parenting Millenial bertujuan agar orang tua memahami pola asuh sesuai dengan era digital. Anak harus tumbuh sebagai generasi yang berakhalukulkarimah dan teknologi harus dimanfaatkan untuk tumbuh kembang bakat anak yang sifatnya positif.

Seminar yang diikuti 90 peserta meliputi pengurus TP PKK Aceh, Ketua, sekretaris, Pokja 1 dan 2 TP PKK Kabupaten/Kota se Aceh, turut hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin SPd MPd, Kepala Dinas PP dan PA Aceh, Nevi Ariani SE, dan sejumlah pejabat dijajaran Pemerintah Aceh.


Elli Risman dalam seminar tersebut, sangat mengharapkan kepada seluruh pimpinan dan pengurus TP PKK untuk memberikan pemahaman tentang banyaknya pengaruh produk teknologi di era sekarang.

"Tanpa kita sadari ternyata, anak-anak banyak pengaruh dari barang-barnag yang kita fasilitasi seperti handphone, ipad, tablet, computer/laptop berikut internetnya, serta lainnya dan ini perlu dijaga agar anak tidak terpengaruh dengan berbagai hal yang merusak," demikian Elly Risman. (mariadi)
SHARE :
 
Top