Para peserta sedang mengikuti salah satu perlombaan yaitu karangan/tulisan berbahasa arab pada kegiatan ADI Fair II tahun 2019 di Kompleks Markas Dewan Dakwah Aceh, Gampong Rumpet, Kec. Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Minggu (27/01/2019). Dok. IST
LAMURIONLINE.COM I KRUENG BARONA JAYA - Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Aceh yang merupakan lembaga pendidikan binaan Dewan Dakwah Aceh menggelar ADI Fair II tahun 2019 di Kompleks Markas Dewan Dakwah Aceh, Gampong Rumpet, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar. 

Kegiatan dengan tema "Merajut Ukhuwah Dalam Bingkai Dakwah Menuju Masa Depan Ummat Yang Cerah" tersebut berlangsung sejak 24-27 Januari 2019.

Aneka perlombaan islami meriahkan kegiatan yang diikuti puluhan mahasiswa tersebut. Diantaranya tahfizhul qur'an, pidato bahasa arab, karangan/tulisan berbahasa arab dan turnamen futsal. Selain itu juga diadakan kegiatan rihlah dan tafakkur alam bersama keluarga besar Dewan Dakwah Aceh.

Ketua Panitia M Reza Adlani SSos dalam rilisnya di Lamurionline.com, Minggu (27/01) mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang diikuti oleh mahasiswa ADI dengan tujuan utamanya untuk menggali dan meningkatkan potensi para mahasiswa. Selain itu juga untuk mempererat ukhuwah dalam berdakwah guna memaksimalkan peran dai dalam pembinaan ummat. 

Alumni STID Mohd Natsir Jakarta itu menambahkan ummat islam saat ini sangat membutuhkan peran dai dalam pembinaan keimanan dan akhlaqul karimahnya. 

“Hal ini akan tercapai apabila hubungan antar sesama dai itu terbina dan terikat kuat. Dengan demikian akan melahirkan gagasan dan tindakan yang cemerlang sehingga dapat mencerdaskan ummat dalam beribadah, bermuamalah, berbangsa dan bernegara,” kata Reza.

Sementara itu Direktur Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Aceh, Dr Muhammad AR MEd mengatakan dirinya menyambut baik dan sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. 

Menurutnya dengan pelaksanaan ADI Fair itu maka para mahasiswa akan dapat menyalurkan bakat minat mereka dan sekaligus dapat mengukur diri sendiri terhadap penyerapan bidang studi dan ilmu yang mereka pelajari selama ini.

“ADI Fair ini merupakan ajang pertunjukan bakat dan kebolehan mahasiswa. Hal ini sangatlah bermanfaat bagi mareka dalam rangka pembentukan skill keilmuan yang selama ini mereka timba dan pelajari dari para ustad-ustad dan pengajar mereka,” kata Dr Muhammad AR.

Ia menambahkan para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piala, sertifikat dan bingkisan menarik lainnya, sebagai bentuk penghargaan dan motivasi kepada para peserta agar senantiasa mengembangkan potensi dan keilmuan mareka. (murdani TJ)
SHARE :
 
Top