lamurionline.com -- Aceh Besar -- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Pulo Aceh, H Saifuddin SE, membuka secara resmi pelatihan tajhiz mayat bagi para warga masyarakat Pulo Aceh, tepatnya di Dayah Tgk Chik Lampuyang, Pulo Breuh, Jumat (29/12/2023). Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat keterampilan dan pengetahuan dalam proses pemulasaraan jenazah sesuai dengan tuntutan agama Islam.

Dalam sambutannya, H Saifuddin SE menyampaikan pentingnya kesiapan dan keterampilan pemulasaraan jenazah dalam menangani proses tajhiz mayat. "Pemulasaraan jenazah adalah tugas yang mulia dan sangat penting dalam Islam. Melalui pelatihan ini, kita berupaya meningkatkan kualitas pelayanan pemulasaraan jenazah agar sesuai dengan ajaran agama dan dapat memberikan penghormatan terakhir yang layak bagi setiap muslim yang meninggal dunia." ujar Saifuddin


Pelatihan tajhiz mayat ini mencakup berbagai aspek, mulai dari persiapan jenazah, penanganan mayat, hingga pemakaian kain kafan. Materi pelatihan juga mencakup etika dan norma-norma agama yang harus diperhatikan selama proses pemulasaraan jenazah. 

Kakankemenag berharap, setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat menjadi agen perubahan dalam peningkatan kualitas pemulasaraan jenazah di masyarakat. "Kita berharap pelatihan ini tidak hanya menjadi sekadar kegiatan sekali saja, tetapi benar-benar memberikan dampak positif dalam peningkatan pemahaman dan keterampilan petugas pemulasaraan jenazah di Pulo Aceh," tambah H Saifuddin.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar di Kecamatan Pulo Aceh dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB). Selain pelatihan tajhiz mayat, juga dilakukan santunan untuk 78 anak yatim, safari khutbah jumat dan gotong royong membersihkan masjid.

Turut hadir pada kegiatan itu Kasubbag Tata Usaha H Khalid Wardana, Kasi Penmad Suryadi, Kasi Bimas H Akhyar, Kasi PD pontren H Nazaruddin, Kasi PAI Jamaluddin, sejumlah kepala kantor urusan agama, kepala madrasah dan ASN lainnya.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top