lamurionline.com -- Pulo Breuh, Aceh Besar - Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-78, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Besar menyelenggarakan serangkaian kegiatan sosial dan keagamaan di Pulo Aceh. Jumat, tanggal 29 Desember 2023, menjadi momen istimewa bagi 12 gampong di Kecamatan Pulo Aceh dengan kehadiran tim dari Kemenag.

Tim Kemenag tidak hadir untuk tujuan wisata atau rekreasi, melainkan mereka membawa misi mulia dengan fokus pada kegiatan sosial. Salah satu kegiatan utama yang diselenggarakan adalah penyerahan santunan kepada 78 anak yatim dan fakir miskin. Penyerahan santunan ini dilaksanakan dengan penuh kehangatan setelah pelaksanaan shalat Jumat.

Selain santunan, Kemenag Aceh Besar juga mengirimkan 6 khatib dan imam untuk memimpin kegiatan ibadah Jumat di 6 masjid yang tersebar di Pulo Breuh. Para khatib yang hadir merupakan figur terkemuka yang sering mengisi khotbah Jumat di berbagai masjid di Aceh Besar. Diantaranya adalah Tgk H Akhyar MAg, Drs Tgk Saiful Mar, Tgk Mahdi SAg, Tgk Ahmad Sumandi, Drs Tgk Suriadinata, dan Tgk H Agus Suardi SAg.


Keberadaan tim khatib Jumat sangat dinantikan oleh masyarakat Pulo Aceh, mengingat terbatasnya jumlah tenaga da'i yang tersedia di pulau terluar tersebut. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Aceh Besar, H Saifuddin SE, menyatakan bahwa serangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Pulo Breuh dan Pulo Nasi adalah wujud komitmen dan kepedulian dari keluarga besar Kementerian Agama. Tujuan utamanya adalah untuk ikut serta dalam pembangunan dan kemajuan Pulo Aceh, terutama dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan penyebaran ajaran keagamaan yang lebih optimal.

Kehadiran dan kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya nyata untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setempat, menjadikan momen terakhir tahun ini sebagai momentum yang berkesan untuk berbagi dan meningkatkan keberkahan di tengah-tengah mereka.(Cek Man)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top